Desa Ganggawang Salem jadi sasaran TMMD Sengkuyung III

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes Jateng – Desa Ganggawang, Kecamatan Salem, Brebes menjadi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III 2021. Pelaksanaan TMMD diawali dengan Penyerahan Pekerjaan yang ditandai dengan pemukulan gong. Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyerahkan pekerjaan tersebut kepada Dandim 0713/BrebesLetkol Arm Moh Haikal Sofyan untuk dilaksanakan dalam jangka sebulan.

Dalam sambutannya Bupati, mengarahkan agar TMMD menyentuh pada kebutuhan masyarakat setempat seperti pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan serta gerakan masyarakat hidup sehat.

Selain itu, program TMMD juga untuk membangun karakter generasi penerus bangsa melalui penguatan wawasan kebangsaan, ideologi pancasila, kebhinnekaan serta pendidikan. Seperti pemberantasan buta aksara, paud, pendidikan karakter, termasuk pendidikan keluarga, pendidikan ketrampilan dan pendidikan kesetaraan yang semuanya berbasis desa.

Percepatan pembangunan, sudah selayaknya terus dilakukan di daerah-daerah, mengingat masih terbatas dan belum terpenuhinya berbagai infralstruktur yang dibutuhkan, bagi peningkatan kondisi kesejahteraan masyarakat.

“TMMD menjadi salah satu solusi, sekaligus bentuk peran serta seluruh elemen masyarakat, dalam mempercepat pembangunan daerah di berbagai pelosok,” ujar Idza.

TMMD, menurut Idza, akan mewujudkan masyarakat desa semakin cerdas, terampil, kreatif dan inovatif serta mempunyai kualitas yang mumpuni sebagai modal dasar membangun desanya. Pada prinsipnya masyarakat kita harus betul-betul dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera.

Dandim 0713/Brebes Letkol ARM M Haikal Sofyan menegaskan, dalam TMMD Sengkuyung tahap III akan membuka jalan terobosan untuk membuka isolasi antar desa dan pedukuhan. Sehingga geliat ekonomi semakin meningkat karena ada akses distribusi hasil bumi yang bisa di bawa ke kota.

TMMD, kata Haikal, bertujuan mewujudkan rakyat juang dan kemanunggalan TNI dan rakyat serta membantu pemda dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.

TMMD yang berlangsung 15 September sampai 14 Opktober 2021 ini akan membidik sasaran fisik berupan pembangunan peningkatan jalan, Plat Deker, Draenase, dan rehab RTLH. Sedangkan sasaran non fisik yakni melaksanakan kegiatan penyuluhan, sosialisasi dan keterampilan kepada masyarakat.

Tampak hadir dalam penyerahan kegiatan Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto SIK MHP,Ketua Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan SH MH, Kajari Brebes diwaki Jaksa Fungsional Setya Adhi SH, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, OPD terkait, Camat Salem dan Kepala Desa Ganggawang serta tamui undangan lainnya.

 

 

Pewarta : Mail/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *