Satu lagi tersangka dugaan kasus korupsi vaksin dilimpahkan ke Kejari Medan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Kejari Medan menerima penyerahan tersangka dan barang bukti dugaan tindak pidana korupsi, terkait praktik  suap dalam kegiatan vaksinasi berbayar covid-19.

Penyerahan dilaksanakan penyidik Polda Sumut kepada JPU Kejari Medan di ruang Tahap II Pidsus Kejari Medan, Kamis (16/9/2021) .

Disebutkan, tersangka yang diserahkan bernama Suhadi SKM, M.kes, selaku Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Sumut.

Kajari Medan Teuku Rahmatsyah melalui Kasi Intelijen Bondan Subrata dalam pers relisnya menyebutkan, tersangka Suhadi merupakan pengembangan penyidik dari penanganan perkara dugaan suap  kegiatan vaksinasi berbayar (illegal) covid-19 atas nama terdakwa  dr. Indra Wirawan, Dr. Kristinus Saragih, M.K.M dan Selviwaty alias Selvi yang disidangkan di Pengadilan Tipikor pada PN Medan.

Kronologinya,  Vaksin-vaksin yang diterima oleh dr. Indra Wirawan dari tersangka Suhadi, tidak
seluruhnya digunakan sesuai dengan surat permohonan yang disampaikan kepada Dinkes Sumut.

Sebagian vaksin telah digunakan Indra Wirawan untuk menvaksin orang-orang yang mau membayar yang telah dikoordinir oleh Selviwati alias Selvi.

Perbuatan Suhadi, dengan sengaja memberikan kesempatan dr. Indra Wirawan dengan cara mengeluarkan vaksin Covid-19 secara berulang-ulang tanpa dilengkapi surat permohonan yang sah

Modusnya, Suhadi terlebih dahulu menyimpan vaksin tersebut bukan di gudang farmasi sebagaimana seharusnya, melainkan di dalam kulkas ruang kerjanya.

Tujuannya untuk memudahkan penyerahan, padahal Suhadi, mengetahui vaksin tersebut akan digunakan Indra Wirawan dengan cara vaksinasi sendiri.

Selanjutnya vaksin-vaksin tersebut diserahkan kepada Indra Wirawan tanpa melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar, sehingga Indra Wirawan dapat secara bebas menggunakan vaksin tersebut

Dalam perkara ini, Suhadi diancam Dugaan Tindak Pidana Korupsi sebagai orang yang membantu
dan memberi kesempatan kepada Indra Wirawan untuk melakukan tindak pidana menerima suap.

Suhadi diancam Pasal 12 huruf a dan huruf b dan/atau Pasal 5 ayat (2) dan/atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 56 KUHPidana

 

 

Pewarta : ZH

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *