Diduga selewengkan Dana BOS, SDN Babakan Lor 1 Pandeglang tidak ada perawatan sarpras

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – Melihat kerusakan sarpras (sarana dan prasarana) sekolah di SDN Babakan Lor 1 Pandeglang sangatlah memprihatinkan. Padahal pemerintah pusat telah memberikan anggaran cukup besar melalui Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk lebih baik.

Dari pantauan awak media, Selasa (21/09/2021) bahwa sekolah tersebut banyak kerusakan, plapon jebol disetiap ruang kelas, cat tembok mengelupas seperti tanpa ada perawatan.

Atas temuan itu, tim media menemui pihak sekolah SDN Babakanlor 1 Pandeglang. Saat ditemui, Plt Kepsek SDN Babakanlor 1 Masnah berdalih terkait mengenai kerusakan sarana dan prasana sekolah karena masih baru menjabat disekolah tersebut.

Ia mengatakan ” Saya baru enam bulan menjabat jadi Kepala Sekolah di SDN Babakan Lor 1, ketika saya masuk disini kodisi bangunan memang sudah seperti begini, ini juga sedikit demi sedikit sudah saya renovasi,” ujar Masnah.

Lanjut Masnah, ” saya ditugaskan disini hanya Plt entah esok lusa ada pengganti yang definitif saya keluar. Tetapi kalau belum ada penggantinya saya akan merenovasi kondisi bangunan sekolah ini dengan anggaran yang ada,” jelasnya.

Masih hal yang sama,” Kalau ditanya soal anggaran BOS tahun 2020 peruntukannya untuk apa saja, saya tidak bisa menjawab, karena saya baru menjabat sebagai Plt disekolahan ini di tahun 2021 sekarang,” imbuhnya

Pada kesempatan itu, Operator sekolah SD N Babakan Lor 1 Nurdin menuturkan, tentang proses birokrasi turunnya anggaran yang diterima pihak sekolah.

” Kalau untuk anggarannya BOS pertahun 3 kali pencairannya, jadi di bagi – bagi untuk pemeliharaan cat dinding dan yang lainya,” tutur Nurdin.

Milihat pelaporan data online pihak sekolah, pada tahun 2020 anggaran Dana BOS SD N Babakan Lor 1 Pandeglang sebesar Rp. 248.310.000 terbagi dalam tiga tahap ( tahap I Rp.75.060.000, tahap II Rp.100.080.000, dan tahap III Rp.73.170.000 ).

Khusus anggaran perbaikan sarpras ( sarana dan prasana sekolah), pihak sekolah telah menganggarkan dana sebesar Rp. 20.575.000. Tetapi dengan dana cukup besar itu, pihak sekolah tidak mampu merawat sekolah dengan baik dan sesuai juknis. Ada dugaan Kepsek SDN Babakan Lor 1 Pandeglang telah menyelengkan Dana BOS tersebut.

 

Tim Mp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *