Lantik 92 Pejabat Administrator, Menteri Basuki kembali tekankan 4 fundamental membentuk pribadi berintegritas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik 92 pejabat administrator (setingkat eselon III) di lingkungan Kementerian PUPR di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1196/KPTS/M/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Administator di Lingkungan Kementerian PUPR.

Prosesi pelantikan dilakukan dengan seremonial sederhana yang diwakili beberapa peserta sesuai Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Sedangkan sejumlah peserta lainnya mengikuti pelantikan secara virtual dari daerahnya masing-masing.

Dalam sambutannya Menteri Basuki berpesan kepada pejabat yang dilantik untuk melaksanakan amanah, khususnya bagi yang memegang amanah mengelola keuangan negara untuk meluruskan niat didasari pada niat yang baik dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Menteri Basuki mengingatkan kembali pesan 4 Big No yakni No bribery (suap), no kickback (imbalan), no gift (hadiah), no luxurious lifestyle (tetaplah sederhana).

“Pegang itu, selalu ingat keluarga sehingga bisa bekerja lebih baik ke depan. Kami semua berharap saudara sekalian bisa terus maju menapak karier ke depan,” pesan Menteri Basuki.

Menteri Basuki menegaskan kepada para pejabat yang dilantik untuk dapat menjadi pemimpin yang memiliki integritas, berkarakter baik dan kuat, disiplin, dan professional. Menteri Basuki juga menginstruksikan kepada Sekretaris Jenderal untuk mendata dan menegakkan disiplin kehadiran pegawai sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 94 Tahun 2021. “Bapak/Ibu yang dilantik hari ini adalah pemimpin dan akan mewarnai kinerja Kementerian PUPR ke depan. Eselon III menjadi ujung tombak dalam membangun organisasi.” kata Menteri Basuki.

Lebih lanjut, Menteri Basuki juga meminta agar para pimpinan di Kementerian PUPR berkarakter kuat dengan sifat berani dan tangguh, tetapi juga tetap menjadi pribadi yang baik dan rendah hati, sederhana dan menyenangkan bagi orang di sekitarnya. “Berani karena berintegritas. Tugas bapak/ibu sekalian di eselon 3 adalah membuat keputusan, diikuti dengan kewenangan dan tanggung jawab dalam membangun organisasi,” tutur Menteri Basuki.

Pejabat yang dilantik di antaranya dari Sekretariat Jenderal Raden Dodi Priyono sebagai Kepala Bagian Administrasi Penganggaran, Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Haeruddin C. Maddi sebagai Kepala Sub direktorat Wilayah I Direktorat Sungai dan Pantai, Ditjen Bina Marga Apri Artoto sebagai Kepala Subdirektorat Strategis Program dan Anggaran Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan, Ditjen Cipta Karya Karya Ary Prasetyo sebagai Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga menyampikan bahwa kurang familiar secara personal dengan sebagian besar pejabat yang dilantik, menandakan bahwa proses reorganisasi di lingkungan Kementerian PUPR berjalan dengan baik.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Dirjen Perumahan Khalawi AH, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Herry Trisaputra Zuna, Dirjen Bina Konstruksi Yudha Mediawan, Kepala BPIW Rachman Arief Dienaputra dan Kepala BPSDM Sugiyartanto.

 

 

Red/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *