Ritual Adat Marind Anggai untuk Amai Nggolo Keben Dilakukan Demi Suksesnya PON XX Papua

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Merauke – Warisan leluhur wajib kita jaga seperti acara tradisi ritual adat Marind Anggai untuk Amai Nggolo Keben, Datang dengan aman dan sehat, kembali juga dalam keadaaan yang baik kata Yohan Lamis Mahuse. Ritual adat ada dua macam; pertama untuk peresmian tempat atau pelepasan tanah, dan kedua’ sebelum melakukan suatu pesta atau acara besar. “tradisi ritual semacam ini adalah warisan leluhur Marind yang kami jaga hingga sekarang.

tujuan kami lakukan upacara adat hari ini, “untuk mendoakan suksesnya PON XX Papua” dan seluruh para atlet yang akan bertanding tetap dalam kondisi prima, juga tempat-tempat pertandingan yang ada di bumi animha secara khusus, dan juga

Pesan Yohan L. Mahuse untuk para atlet papua, dulu kita pergi bertanding diluar daerah untuk Mecari medali emas, perak dan perunggu. Sekarang ketiganya itu sudah ada dipapua kita selaku tuan rumah harus menjadi yang terbaik (juara).

Yohan menegaskan Papua aman dan damai, “kami masyarakat adat Marind minta hentikan stigma yang berlebihan terhadap Papua. Karena pada dasarnya kita hidup dalam kerukunan sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Terimakasih kepada pemerintah terlebih khusus kepada bapak Presiden Jokowi yang mempercayakan papua sebagai tuan rumah.” tutup Yohan L. Mahuse.

Ritual adat yang dilakukan pada hari Kamis 23/9/2021 bertempat halaman GOR Haid Sai Merauke yang dihadiri oleh bapak Kapolres Untung Sangaji, ketua harian Eleanor Dumatubun dan perwakilan dari Sulawesi serta DKI Jakarta. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan kondusif hingga selesai.

 

Pewarta : Yanes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *