Kantor Bupati Brebes di Anggap Kurang Representatif, Bupati Brebes Bangun KPT

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes – Keberadaan kantor Bupati Brebes di Jalan Pangeran Diponegoro nomor 141 Brebes dianggap kurang representatif. Maka Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH membangun Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Desa Pagejugan, Kec Brebes. Ground breaking pembangunan KPT tersebut dilaksanakan bupati beserta forkopimda dan tokoh ulama, di lokasi pembangunan, Senin (27/9).

Bupati Idza mengatakan, pada dasarnya pembangunan KPT sudah menjadi cita-cita para bupati sebelumnya. Dan pada hari ini, pembangunan KPT bisa terwujud kembali dengan dukungan penuh dari Ketua DPRD sehingga bisa dianggarkan sebesar Rp 120 miliar.

Menurut Idza, kantor pemerintahan merupakan wadah aktifitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, tempat para pemangku kepentingan rakyat untuk mengatur jalannya pemerintahan. Pembangunan ini, tiada lain untuk memenuhi kepentingan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena tidak hanya sebagai wadah, namun juga berperan sebagai simbol filosofis, fungsional dan teknis, serta fungsi keterbukaan sebagai simbol yang mewakili masyarakat.

Seiring jumlah penduduk Brebes mencapai 1,9 juta jiwa, maka tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pemerintahan makin kencang dan beragam. Untuk itu, harus dilayani secara profesional, efisien, efektif, transparan, partisipatif dan tanggap terhadap aspirasi masyarakat.

Dibangunnya KPT, lanjut Idza, diharapkan bisa menjawab tantangan tersebut karena berupaya memusatkan instansi di dalam satu lokasi. Tentunya dengan memperhatikan kualitas fasilitas publik yang menyangkut sarana dan prasarana pemerintahan.

Idza menjelaskan, Alokasi anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan KPT secara multiyears dua tahun senilai Rp 120 miliar. Pada tahun 2021, dialokasikan Rp 80 miliar dan di tahun 2022 senilai Rp 40 miliar.

“Namun dalam penetapan APBD tahun 2021, alokasi anggaran pembangunan KPT di tahun pertama hanya Rp 60 miliar,” ungkapnya.
Kepada pemenang kontrak, Idza menekankan agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat mutu dan tepat waktu. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari pembangunan KPT.

Terkait isyu akan dibubarkannya PT Istaka Karya (Persero) oleh Menteri BUMN Erick Tohir, Direktur Operasional PT Istaka Karya Widi Sudaryanto membantah isyu tersebut. Pihaknya tetap berkomitmen menyelesaikan pekerjaan yang diamanatkan Pemkab Brebes.

“Kontrak telah ditandatangani, tentu kami akan menyelesaikan sampai tuntas sesuai dengan mutu dan waktu. Soal kabar-kabar itu tidak akan mengganggu proses pembangunan KPT Brebes. Kami bekerja sesuai amanat yang diberikan Pemkab Brebes,” tandasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes H Syatibi menjelaskan, tender pembangunan KPT dimenangkan PT Istaka dan PT Chimarder 777 (KSO). KPT menempati posisi stragtegis karena aksesnya tidak jauh dengan jalan lingkar utara, dan dibangun di atas lahan seluas 28.921,25 m2 dengan luas bangunan 12.500 m2.

Sesuai dokumen perencanaan, gedung KPT akan dibangun untuk Kantor Bupati, Wakil Bupati, Sekretariat Daerah, Kantor Baperlitbangda, Kantor Inspektorat Kabupaten Brebes, ruang Auditorium/ruang serbaguna dan roof garden (taman di atas atap gedung). Untuk gedung ada 2 bagian. Bagian depan 3 lantai dan bagian belakang 6 lantai.

Sebelum ground breaking Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa sebanyak 100 orang.

 

Pewarta : Maeel / Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *