Persit KCK Koorcab Rem 073/Mkt Wisata Budaya dan Religi di Kabupaten Demak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 073/Makutarama PD IV/Diponegoro Ny. Putranto Gatot Sri Handoyo beserta pengurus melaksanakan wisata budaya dan religi ke wilayah Kodim 0716/Demak.

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Ketua Persit KCK Cabang XXXVII Koorcab Rem 073/Makutarama Ny. Pribadi Setya Pratomo beserta pengurus di halaman Masjid Agung Demak, Selasa (28/09/2021).

Selain melaksanakan ziarah ke makam Sultan Trenggono dan Sultan Fatah, rombongan yang dipimpin Ny. Putranto Gatot Sri Handoyo, wanita kelahiran Kota Wali ini juga melihat-lihat peninggalan sejarah di museum Masjid Agung Demak.

Dimana di dalamnya tersimpan bagian-bagian soko guru yang rusak, yaitu sokoguru Sunan Kalijaga, sokoguru Sunan Bonang, sokoguru Sunan Gunungjati, sokoguru Sunan Ampel, sirap, kentongan dan bedug peninggalan para wali, dua buah gentong dari Dinasti Ming hadiah dari Putri Campa abad ke-14, Pintu Bledeg buatan Ki Ageng Selo, foto-foto Masjid Agung Demak tempo dulu, kitab suci Al-Qur’an 30 juz tulisan tangan, dan masih banyak yang lainnya.

Ny. Putranto Gatot Sri Handoyo menuturkan, bahwa dirinya sengaja mengajak pengurus Persit KCK Koorcab Rem 073/Makutarama untuk melaksanakan wisata budaya dan religi di wilayah Kabupaten Demak, Jepara dan Grobogan dengan tujuan untuk menambah wawasan tentang sejarah yang ada di wilayah jajaran Korem 073/Makutarama.

Selain itu, juga untuk menghilangkan dan melepas kejenuhan, sarana mendekatkan diri kepada Sang Khaliq, menyegarkan rohani, mengingatkan akan akherat dan membuka kembali wawasan tentang sejarah penyebaran agama Islam di wilayah Kabupaten Demak.

“Kegiatan ini untuk menambah wawasan sejarah dan budaya para pengurus Persit KCK Koorcab Rem 073/Makutarama. Selain kesini, kita juga akan ke wilayah Kabupaten Jepara dan Grobogan,” tuturnya.

Selama melaksanakan kegiatan ziarah hingga melihat-lihat barang peninggalan para Wali, rombongan dipandu oleh Kyai Fathurohman, salah satu pengurus Makam Sultah Fatah.

Setelah selesai, rombongan mampir ke rumah ibu kandung dari Ketua Persit KCK Koorcab Rem 073/Makutarama di Jalan Nurcahya Demak sebelum melanjutkan perjalanan ke wilayah Kabupaten Jepara.

 

Pewarta : Safik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *