Menuju Indonesia Bebas Rabies 2030, Pemprov Lampung gelar World Rabies Day di Kota Metro

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Pemprov. Lampung gelar Peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) Tahun 2021. Kegiatan berlangsung terpusat di Kota Metro, Selasa, 28 September 2021.

Turut hadir Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si bersama Walikota Metro  Dr. Hi. Wahdi,Sp.OG, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro Hery Wiratno,SP serta Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Wilayah Lampung, drh. Nanang Purus Subendro dan tamu undangan.

Peringatan WRD ini bertujuan untuk mengkampanyekan upaya pencegahan dan pengendalian Penyakit Rabies di Provinsi Lampung menuju Indonesia Bebas Rabies 2030.

Ada 2 Pulau di Provinsi Lampung yang sudah mendapatkan status Bebas Rabies yaitu Pulau Pisang-Kabupaten Pesisir Barat dan Pulau Tabuan Kabupaten Tanggamus, sedangkan  1 Pulau dalam proses pembebasan yaitu Pulau Sebesi Kabupaten Lampung Selatan.

Dipilihnya Kota Metro sebagai lokasi Acara Puncak Peringatan WRD Provinsi Lampung, adalah karena Kota Metro akan di usulkan sebagai Role Model Pembebasan Rabies berbasis kawasan/Kompartemen.

Dukungan Sarana dan Prasarana pendukung sektor peternakan dan kesehatan hewan cukup lengkap, dukungan pemerintah daerah cukup baik untuk pencegahan dan pengendalian penyakit serta cakupan vaksinasi Rabies  telah mencapai  70%.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi dalam sambutannya, mengatakan diperlukan komitmen dan kerja sama/koordinasi dari banyak pihak, antara lain dari pemerintah, organisasi profesi, dan tentunya melibatkan lapisan masyarakat pecinta dan penyayang hewan.

Pencegahan dan pengendalian penyakit rabies dilakukan dengan melaksanakan vaksinasi pada hewan penular rabies (anjing, kucing, dan kera), selain itu untuk menekankan jumlah populasi Hewan Penular Rabies (HPR) juga perlu dilakukan tindakan sterilisasi pada hewan anjing dan kucing dengan umur diatas 6 (enam) bulan.

Upaya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies di Kota Metro yang dilakukan dengan pelaksanaan vaksinasi rabies dan sterilisasi pada hewan penular rabies telah dilaksanakan bertahun-tahun dengan peningkatan baik di setiap tahunnya.

Dari data 5 (lima) tahun terakhir 2016-2020 menunjukan cakupan vaksinasi yang terus meningkat dengan rata-rata presentase cakupan vaksin sebanyak 60,8%, sedangkan kasus penyakit rabies di Kota Metro sebanyak 2 (dua) kasus pada tahun 2016.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *