UPT PPD Kecamatan Sebagai Ujung Tombak Kemajuan Dunia Pendidikan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara pada, Kamis 30/09/2021.

Silaturahmi dengan Bapak Mashur.SP.d. M. K.Pd diberi Mandat sebagai kepala UPT.PPD Kecamatan Nunukan Selatan dia mengutakarakan bahwa menjabat sebagai kepala UPT PPD di Nunukan Selatan sejak 02/05/2019 sampai sekarang masih diberikan Amana Tugas dan Tanggungjawab.

Perlu kita ketahui bahwa Tugas Pokok Kepala UPT PPD Kecamata tidaklah mudah dan gampang seperti membalik telapak tangan ini juga salah satu tugas berat sebagai penyambung Lidah dan tangan dinas Pendidikan dan kebudayaan.

Tugas pokok kepala Unit Pelaksana Tehnis Dinas Pendidikan dikecamatan (UPTD Kecamatan) Yakni melaksanakan tugas serta melaksanakan sebagian tugas dinas Pendidikan wilayah Kecamatan.

Sementara Tugas Pokoknya adalah Lintas Sektoral melakukan pembinaan dan Pengawasan pelaksanaan pendidikan serta melaksanakan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program Pendidikan.

lanjut Mashur.S.Pd. M. KPd bahwa selain itu Fungsi UPT.PPD Kecamatan yakni melaksanakan program kegiatan dinas di bidang pendidikan.

Kedua fungsi UPT PPD Kecamatan yakni melaksanakan pelayanan Fasilitasi kegiatan pendidikan.

Lanjut Mashur. S.Pd. M.K.Pd. Mantan Kasih Program Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kabupaten Nunukan mengatakan, bahwa masalah perkembangan pendidikan dikecamatan Nunukan Selatan sangat maju dan bagus karena kerja kepala sekolah guru semua GTK yaitu pada saat kita meminta sesuatu mereka cepat menanggapi mereka responnya cepat kita juga tidak memaksakan mereka harus datang karena menyangkut pandemi.

Jadi mereka bisa kirim data lewat online saja atau langsung secara pribadi boleh itu salah satu pelayanan kami untuk lebih cepat pelayanan terus untuk lebih lanjutnya masalah kami laporkan ke dinas pendidikan.

“Saya selaku kepala UPTD Nunukan Selatan Saya menangani masalah SD dan SMP Negeri maupun swasta.

Lanjut Mashur.S.Pd.M, Mantan Guru SMP Negri 05 Sei menggaris mengatakan bahwa masalah prestasi Nunukan Selatan SD dan SMP guru-gurunya sangat bagus punya prestasi yang Gemilang terus untuk siswa untuk tahun ini kita ikuti lomba KSN itu ada dua yang yang masuk ke tingkat nasional untuk bidang IPA dan matematika kita masih menunggu informasi selanjutnya untuk memberikan untuk memotivasi anak-anak berikutnya agar adik adiknya juga bisa ikut bersaing baik ditingkatkan kabupaten tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

itu ada seleksi daerah, kecamatan dulu nanti dari kecamatan masuk di kabupaten setelah itu seleksi berapa siswa yang lolos masuk ke tingkat provinsi dan dari provinsi, sekarang siswa di Nunukan Selatan ada dua yang lolos untuk bidang yang ditempuh bidang studi matematika dan IPA.

Selama ini hampir sudah 2 tahun siswa sangat Mengelu siswa kepingin ketemu dengan gurunya atau teman teman sekolahnya.

Lanjud Mashur.S.Pd M.KPd Mantan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Bidang Pendidikan Dasar san Menegah Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Nunukan bahwa nampaknya 75% orang tua siswa mendukung agar dilakukan pembelajaran Tatap Muka antara siswa dan gurunya, terkadang juga siswa dirumah kurang kontrol orang, karena orang tua sibuk bekerja masing masing, dinas pendidikan berusaha agar secepatnya dilakukan PTM dengan syarat semua siswa tervaksin secara keseluruhan begitu juga dengan para Pendidik dan Guru harus divaksin, ini bukan Paksaan tapi anjuran dari pemerintah.

Sudah diusahakan orang tua mendukung pelaksanaan PTM untuk masalah dari sekolahnya jauh itu sudah dipenuhi sama orang tua masing-masing, terus dapat bantuan quota dari Kemendikbud karena siswa itu harus mendaftarkan nomornya secara pribadi ke dapodik untuk mendapatkan bantuan itu.

Informasi untuk vaksin yang dinyatakan sudah bisa dilakukan Vaksin kepada Siswa yang sudah umur 12 tahun ke atas.

untuk tahun ini 2021 Siswa SMP diharapkan selesai divaksin, Jadi vaksin itu diberikan kepada mereka karena sudah sesuai dengan SKB 4 Mentri bahwa sudah bisa di vaksin karena kita sudah ingin melakukan tatap muka, untuk Vaksin sekarang ini yang dilakukan adalah vaksin untuk anak Sekolah Vaksin dosis pertama.

Untuk kedepannya insya Allah kita akan melakukan tatap muka kita masih melihat perkembangan pandemi beberapa bulan ini karena sudah beberapa kecamatan sudah menjalankan Pembelajaran tatap muka, masih sesuai dengan protokol kesehatan 50% yang menjalankan tatap muka.” Ujar Mashur mengakhirinya.

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *