LPP-BIFBWD Launching Hibah PJU-TS di wilayah adat Baduy disambut baik Pemkab Lebak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Lembaga Pengelola Proyek, Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia (LPP-BIFBWD) menggelar launching atau Peresmian satu lampu Penerangan Jalan Umum, Tenaga Surya (PJU-TS) di Desa Kanekes, Kecamatan Lewidamar, Kabupaten Lebak.

Launching Perdana PJU-TS yang diresmikan LPP-BIFBWD melalui Koordinator wilayah Provinsi Banten Ratu Desa, S juga disambut positif Jaro Saija, Ketua adat suku Baduy tanpa terkecuali Pemerintah Kabupaten Lebak pada, Minggu (3/10/2021) (Kemarin)

“Saya ucapkan terima kasih telah membantu masyarakat adat Baduy dan Desa lainnya”Ungkap Saija Kepala Suku Baduy yang belum lama menjadi sorotan saat Presiden Jokowi memakai baju adat Suku Baduy pada beberapa waktu lalu saat pidato Kenegaraan.

Meskipun kata Saija, Lampu PJU-TS dari LPP BIFBWD hanya bisa dipasang diluar perbatasan wilayah namun sudah pasti sangat bermanfaat baik bagi warganya maupun wisatawan.

“Titik lokasi pemasangan saya sudah usulkan agar dipasang pada Lima gerbang akses pintu masuk ke wilayah Baduy,” ungkap Saija.

Turut Hadir dalam Peresmian atau Launching Program PJU-TS dari LPP-BIFBWD Korrwil Banten tersebut. Kadis DPMD Lebak H. Babay Imroni dan Kadis Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin, S.Hut., M. Si., bersama Jajaran Muspika Kecamatan Lewidamar yang turut antusias menyambut baik Program Hibah PJU-TS dari LPP BIFBWD untuk masyarakat Kabupaten Lebak.

“Sudah dari bulan februari saya berkoordinasi dengan Ibu Ratu Desy, Alhamdulillah hari ini (kemarin-Red) saya diundang untuk Peresmian. kami tentunya sangat berterima kasih kepada LPP BIFBWD melalui Ibu korwil sebagai Perwakilan Pusat di Provinsi Banten, harapan kami semoga PJU-TS ini segera terealisasikan dengan lancar”Ujar Babay Imroni Kadis DPMD Kabupaten Lebak.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Imam Rismahayadin juga turut mendukung program Hibah PJU-TS ini, karena menurut dia, peta jaringan dan titik koordinat dalam rencana pemasangan PJU-TS sebagian sudah masuk ke beberapa wilayah Destinasi Wisata di Kabupaten Lebak

“Baru satu percontohan saja sudah terangi destinasi suku baduy apalagi kalau sudah sampai ribuan tiang terpasang secera menyebar di setiap pelosok desa,” kata Imam

“Melihat dari titik rencana pemasangan PJU-TS ternyata ada beberapa akses lokasi Destinasi wisata dilebak yang bakal ikut diterangi oleh LPP BIFBWD seperti Negeri diatas awan dan Gunung Kendeng di Kecamatan Cibeber, Hutan Adat Jagaraksa di Kecamatan Muncang, Goa Sangiang di Kecamatan Sobang, Bukit Curahem di Gunung Kencana tentu ini sangat membantu kami dengan adanya LPP BIFBWD beberapa lokasi wisata ikut tersinari karena memang tidak bisa dipungkiri kondisi saat ini masih sangat kekurangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sekali lagi Terima kasih, kami sangat mendukung,” ujarnya

Disela sambutannya Imam juga menyampaikan Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya juga turut menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat program Hibah PJU-TS dan yang memprakarsai dalam hal ini LPP-BIFBWD yang punya tujuan mulia terkoneksi dengan visi-misi Bupati Lebak medorong sektor ekonomi masyarakat melalui sektor Destinasi berbasis potensi wisata lokal.

Ketua Koordinator wilayah Provinsi Bantan Ratu Desy, S menerangkan bawhwa Peresmian Hibah PJU-TS di titik nomor 01 yang berlokasi di Desa Kanekes (Baduy) merupakan bagian dari PP-10 unit percontohan sesuai mekanisme Ketua Umum (Ketum) di Kantor Pusat guna untuk menguji Administrasi para mitra berikut kompetensi para Koordinator Lapangan (Korlap) yang akan ditugaskan ditiap-tiap Kabupaten.

Selain itu, Kata Ratu Desy, dalam pelaksanaan Program PJU-TS pihak LPP BIFBWD bekerja sama dengan sejumlah Perusahaan sebagai mitra kerja yang nantinya akan melakukan pemberdayaan masyarakat setempat mulai untuk pekerjaan teknik sipil termasuk melibatkan putra daerah yang memiliki pengalaman tentang pekerjaan Penerangan Jalan Umum (PJU-TS)

“Dengan adanya Tahap percontohan ini kami bisa lihat dulu cara kerja pera Pelaksana, bagian apa saja yang harus dikoreksi untuk evaluasi sebelum naik pada tahap eksekusi PP-5000. Dalam pelaksanan mitra kami disarankan untuk melibatkan warga sekeitar dalam pekerjaan ini, tentunya bagi mereka yang benar-benar ingin bekerja supaya, kahadiran BIFBWD selain memberikan manfaat penerangan jalan umum juga bisa membuka lapangan kerja untuk warga sekitar,” Pungkasnya

Pewarta : Ubay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *