Plt Gubernur Sulsel Beri Intruksi ke Dinsos Persiapkan Bantuan Logistik Tambahan untuk Korban Banjir dan Longsor di Luwu

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar, Pemprov Sulsel – Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menurunkan personil taruna siaga bencana (Tagana) dalam membantu proses evakuasi bencana yang terjadi di Kabupaten Luwu. Diketahui, akibat hujan deras di beberapa wilayah di Luwu pada, Minggu (3/10/2021) mengakibatkan longsor dan banjir. Bencana longsor terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat. Sementara bencana banjir bandang terjadi di beberapa wilayah di Luwu, diantaranya Kecamatan Walenrang Utara, Kecamatan Lamasi Timur, dan Kecamatan Walenrang Timur. Banjir yang diperkirakan setinggi 1-3 meter itu membuat lebih dari 100-an rumah yang terdampak banjir.

Kepala Bidang Linjamsos pada Dinas Sosial Sulsel, Herman, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinsos Luwu. Apalagi buffer stok logistik Dinsos Provinsi Sulsel pun telah didrop jauh hari sebelumnya ke kabupaten.

“Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Luwu, agar segera ada tindakan disana. Dan semalam sudah berada di lokasi (korban terdampak) membagikan bantuan,” ujarnya, Senin (4/10/2021).

Atas instruksi oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, kata dia, Dinsos Provinsi tengah menyiapkan bantuan logistik tambahan untuk korban bencana di Luwu. Bahkan selama beberapa bulan terakhir ini atau sejak Agustus 2021, bantuan Dinsos Provinsi untuk Luwu sudah keempat kalinya.

“Atas arahan dari Bapak Plt Gubernur, hari ini tim Tagana Dinsos Provinsi akan diturunkan sekaligus membawakan bantuan,” ungkapnya.

Tak hanya dari Tagana Dinsos Provinsi Sulsel, kata dia, pihaknya juga meminta agar dukungan bantuan dari tim Tagana daerah sekitarnya, seperti Toraja Utara, Palopo dan Luwu Utara.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memastikan bantuan dari Pemprov Sulsel untuk para korban terdampak. “Mari kita semua mendoakan dan bergotong royong untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Kabupaten Luwu,” kata Andi Sudirman.

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *