Menang atas Sulsel, Tim Basket Putri Bali torehkan sejarah lolos final PON XX

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Tim bola basket putri wakil Provinsi Bali menorehkan sejarah setelah memastikan diri melaju ke babak final PON XX Papua usai menundukkan Sulawesi Selatan dengan skor 52-41 dalam pertandingan di Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis, (7/10).

Keberhasilan ini menjadi kesempatan pertama tim basket putri Bali berada di babak puncak PON sepanjang sejarah. Mereka berpeluang memboyong medali emas jika mampu mengalahkan Jawa Timur pada Sabtu (9/10) nanti.

Di sisi lain, tim Sulawesi Selatan akan memperebutkan medali perunggu melawan tim basket DKI Jakarta.

Jalanya pertandingan ;

Mengawali laga, tim Bali seolah tampil kurang meyakinkan di kuarter pertama. Sulawesi Selatan menguasai pertandingan dan unggul dengan skor 6-15.

Pada kuarter kedua, Bali semakin ketinggalan dengan skor 19-6 setelah pemain Sulsel Anesthesia Pertiwi melakukan tembakan bebas dan tersarang.

Bali mulai menaikkan tensi permainan dan berhasil mendekatkan skor 17-24 melalui lemparan dua angka Ni Putu Fiananda.

Meski demikian, Bali masih tertinggal dua angka yakni 21-26 di akhir kuarter kedua.

Pemain Basket Putri Bali, Mita Istinawati

Penyemangat tim Bali datang dari Mita Istinawati. Mengenakan nomor punggung 1. Dia berhasil membalikkan skor menjadi 27-26 dengan lemparan tiga angka. Tim Bali semakin menjauh dan menutup kuarter ketiga dengan skor 37-33.

Di kuarter terakhir, Tim Sulsel semakin sulit mengejar lantaran skor semakin menjauh jadi 42-36. Bali pun menutup kemenangan dengan skor 52-41.

Mita Istinawati menyumbangkan poin tertinggi untuk Bali pada laga tersebut dengan 22 poin, ditambah dua rebound dan satu assist.

Sementara di kubu Sulawesi Selatan, Sabrina Sandewang menorehkan statistik terbaik dengan sembilan poin, empat rebound dan empat assist.

Lolos ke partai puncak, seluruh wakil Bali yang hadir merayakan dengan tangis kegembiraan. Sejumlah pemain terlihat berpelukan bersama pelatih. Mereka bersorak kebahagiaan sambil berurai air mata.

Mita Istinawati usai pertandingan kepada MITRAPOL mengucap syukur atas doa dan dukungan dari pendukung.

Pelatih Basket Putri Bali, Muflih Farhan.

“Mohon do’a dan dukungannya untuk menang di Final nanti, kami akan memberikan yang terbaik semampu kami,” kata Mita.

Ia menambahkan, meski saat ini masih duduk di bangku kuliah. Dirinya baru sekali mengikuti pertandingan Bola Basket mewakili daerah kelahirannya yakni Provinsi Bali.

“Seumur hidup saya, baru pernah ikut pertandingan basket mewakil Bali. Lolos final ini adalah hadiah terindah seumur hidup saya. Alhamdulillah,” tandasnya.

Sementara itu, Pelatih Bali, Muflih Farhan dalam jumpa pers berjanji menciptakan sejarah di perhelatan PON XX melalui Bola Basket Putri.

“Ini akan menjadi kebangkitan kita,
kami bikin sejarah karena rata-rata dari umur 12 tahun sudah latihan dan ikut kejuaraan sampai nasional, sekarang kita bisa masuk final (PON XX) Alhamdulillah,” ujarnya.

Muflih juga mengatakan, di laga final menghadapi Jawa Timur nanti, pihaknya akan mengandalkan strategi dan mental pemain guna meraih medali emas.

Dia menambahkan, meski diberi waktu istirahat hanya sehari, anak didiknya akan menampilkan performa terbaiknya demi membawa nama daerah.

 

 

 

Pewarta : AQM

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *