Buka secara resmi eksibisi Kurash, Ketum KONI Pusat ucapkan selamat dan sukses

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jayapura Papua – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, membuka secara resmi eksibisi cabang olah raga Kurash pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, di Gedung Balatkes Prov. Papua, Jl. Padang Bulang No.2, Hedam, Heram, Jayapura City, Papua, Selasa (5/10/21).

Pembukaan eksibisi Cabang Olah Kurash yang diikuti 100 atlet dari 11 Propinsi ini dihadiri juga oleh jajaran beberapa petinggi Koni Pusat, Pengurus PB, dan Pengurus Kurash tingkat Provinsi.

Dalam sambutanya, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengatakan,”Selamat dan sukses atas terselenggaranya eksibisi Cabang Olah Raga Kurash di PON XX Papua. Meski sebagai cabang olahraga yang tergolong muda dalam keanggotaan KONI, tetapi Kurash telah menunjukkan kesungguhan dalam pencapaian prestasi dan penyelenggaraan kegiatan ini.”

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman,

Marciano juga mengingatkan kepada pengurus PB Kurash Indonesia untuk terus melakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan bangsa dan negara ke depannya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PB Kurash Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Panitia Besar PON XX Papua yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan eksibisi Kurash.

“PB Kurash Indonesia mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dalam penyelenggaraan eksibisi Kurash ini. Meski dengan penuh keterbatasan, eksibisi ini tetap bisa dilangsungkan sebagai syarat untuk menjadi cabang olahraga resmi yang akan dipertandingkan di PON XXI Sumatera Utara – Aceh 2024 yang akan datang, pelaksanaan ini merupakan batu loncatan atau sasaran antara bagi Ferkushi dalam tata kelola pembinaan organisasi dan pembinaan prestasi dimasa mendatang,” ujarnya.

Ketua Umum PB Kurash Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin

Menurut Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin, Kurash ini, walaupun baru sekitar 4 tahun berdiri, tapi telah punya potensi prestasi di tingkat Internasional yang cukup membanggakan, hal itu bisa dilihat dari kesuksesan Tim Kurash Indonesia di SEA Games Manila 2019, dimana atlet Kurash Indonesia berhasil meraih 3 perak dan 3 perunggu.

Selain itu, prestasi yang pernah dicapai Kurash Indonesia di tingkat Internasional adalah, dalam Asian Games 2018 di Indonesia, atlet Kurash Putri pada Kls 63 Putri atas nama Khasani Najmu Shifa berhasil mempersembahkan medali Perunggu,

Dalam 14th Tournament For The Prize Of Uzbekistan’s President, 4 – 7 Oktober 2019 di Alphamys Sport Complex, Termiziy, Uzbekistan, atlet-atlet Kurash Indonesia dapat menoreh prestasi atas nama Dinny Febriany & Khasani Najmu Shifa meraih medali Perak dan Perunggu.

Sementara dalam World Martial Arts Masterships, 2-4 September 2019 di Chungju, Korea Selatan, Tim Kurash Indonesia berhasil meraih Dua medali, Satu Perak dan Satu Perunggu.

Untuk diketahui, saat ini Pengurus Kurash Daerah sudah terbentuk di 29 provinsi diseluruh Indonesia dan dalam waktu dekat segera terbentuk disemua provinsi di Indonesia, pungkasnya.
Acara pembukaan eksibisi cabang olah raga Kurash ini ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Ketua Umum Koni Pusat dan pemberian Cindera mata dari Kontingen Kalimantan Utara.

 

 

DR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *