Ketua GPII Papua apresiasi dibukanya kegiatan Temu Konsultasi Penanganan Paham Keagamaan di Papua

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Papua – Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam indonesia (PW-GPII) Provinsi Papua, Sudin Rettob mengapresiasi dibukanya kegiatan Temu Konsultasi Penanganan Paham Keagamaan Kemenag Papua Tahun 2021.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Papua, Pdt. Amsal Yowei didampingi Kabid Haji dan Bimas Islam, H. Musa Narwawan di Hotel Horison, Kota Raja pada Kamis (07/10/21) kemarin.

Dalam giat Temu Konsultasi diikuti 33 orang peserta yang berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi Papua, Kankemenag Kota Jayapura, Tokoh NU, Tokoh Muhammadiyah, Akademisi, dan Ta’mir Masjid.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas bimbingan, pelayanan, pemberdayaan dan pengembangan potensi umat Islam di bumi Cenderawasih.

Ketua Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Papua, Sudin Rettob, mengatakan, giat seperti begitu penting di era kemajemukan saat ini. Disamping itu merupakan langkah tepat dalam mengantisipasi dini dalam melawan paham radikalisme yang senter berkembang.

“Kami menilai, ini langkah positif dan antisipasi aktif dari kemenag dalam memberikan benteng kepada para tokoh-tokoh agama untuk diteruskan kepada warga. Kita harus bersatu melawan paham-paham radikal,” kata Ketua GPII Papua, Sudin Rettob dalam rilis tertulis yang diterima MITRAPOL pada Jumat, (8/10).

Apalagi seperti di wilayah Papua yang penuh dengan kedamaian. Menurutnya kegiatan itu harus terus dilakukan demi menjaga toleransi yang sudah terbangun sejak lama dan terbingkai hingga saat ini.

“Selain itu, kami minta agar kemenag turut melibatkan pemuda dalam kegiatan ini. Karena pemuda adalah garda terdepan dalam menjaga dan mewarisi tongkat estafet bangsa ini,” ujarnya.

Selaku ketua Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Papua, dia menyarankan agar pihak terkait membangun Pusat Center Komunikasi guna menampung segala pengaduan terkait pemahaman keagamaan.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *