Sukses gelar eksibisi Kurash PON XX, Hafil Fuddin : Modal besar menuju PON 2024

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Sukses menyelenggarakan pertandingan eksibisi cabang olahraga kurash di PON XX Papua menjadi modal besar bagi Pengurus Besar Federasi Kurash Indonesia (PB. Ferkushi) untuk menata organisasi dan pembinaan lebih maksimal.

Ketua Umum PB. Ferkushi Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin, Jumat (8/10/2021) petang ini menjelaskan kesuksesan pelaksanaan eksibisi cabor kurrash di PON XX Papua tersebut berkat kerjasama semua pihak.

“Sebagai Ketua Umum PB. Ferkushi saya melihat pelaksanaan eksibisi cabor kurash di PON XX Papua iyu sukses. Ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak seperti Kemenpora, KONI, tuan rumah Papua, PB.PON dan juga para Pengprov,” kata mantan Pangdam Iskandar Muda Aceh ini.

Ketua Umum PB Kurash Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin

Menurut Hafil, Ketua Umum KONI Pusat Marciano sudah memberikan arahan agar ke depan pembenahan organisasi dan juga pembinaan harus dilakukan demi memudahkan suatu cabang olahraga menciptakan atlet berprestasi.

“Ya dibalik kesuksesan ini juga ada beberapa kekurangan yang secepatnya dilakukan pembenahan terutama penataan organisasi. Ini penting karena kurash akan berjuang masuk PON XXI 2024 sebagai cabor yang dimainkan secara resmi,” tambah Hafil.

Terkait penataan organisasi, Hafil mengatakan akan melakuan konsolidasi vaik secara internal maupun eksternal. PB. Ferkushi akan mendorong Pengprov-Pengprov untuk melakukan pembenahan yang orientasinya adalah menata pembinaan.

Ia mengakui masih banyak yang harus dibenahi seperti peningkatan kualitas pertandingan yakni wasit dan pelatih. Karena dalam pembinaan itu tak hanya atlet saja, wasit dan pelatih juga perlu ditingkatkan kualitasnya.

”Rencananya akhir tahun awal tahun kami akan menggelar penataran wasit dan pelatih kurash sebagai bagian dari peningkatan kualitas. Karena dua perangkat pertandingan ini tak bisa lepas dari upaya mencapai prestasi,” tutur Hafil.

Hafil juga menambahkan pihaknya juga akan mempersiakan timnas untuk menghadapi even di luar negeri seperti Asian Indoor Martial Art (AIMAG) tahun depan di China dan SEA Games di Vietnam kalau tak ada perubahan.

Menanggapi dominannya atlet Lampung pada eksibisi PON XX Papua yang tampil sebagai juara umum, Hafil mengatakan prestasi Lampung itu karena persiapan mereka sangat matang. Lampung sudah dua tahun lamanya mempersiapkan atletnya sehingga hasilnya tampak di eksibisi PON Papua ini.

Oleh karenanya, lanjut Hafil, mulai dari sekarang daerah-daerah menyiapkan atletnya menuju PON XXI 2024 di Sumut-Aceh. KONI Pusat telah memberikan sinyal salah satu kriteria dimainkan cabor-cabor eksibisi untuk dimainkan secara resmi pada PON berikutnya adalah kesuksean cabor itu dalam pelaksanaan eksibisi.

Wakil Ketua Umum I KONI Suwarno pun mengakui akan melakukan evaluasi 10 cabor yang dieksibisikan pada PON XX Papua ini. Yang menjadi penilaian utama seperti kata Suwarno adalah pelaksanaan eksibisi itu berjalan lancar tanpa kendala apapun. Antusias peserta juga menjadi salah satu penilaian. TOR-09

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *