Masuk level 2, Walau terbatas Nunukan siap laksanakan Pembelajaran Tatap Muka untuk tingkat SD dan SMP

  • Whatsapp
Abdul Goni, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar dan Menegah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan provinsi Kalimantan Utara,

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar dan Menegah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan provinsi Kalimantan Utara, Abdul Goni, menyampaikan bahwa berdasarkan surat edaran Bupati Nunukan Nomor 295-BPBD/360/X/2021 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 dan mengoptimalkan posko penanganan Corona Virus disease 2019 di tingkat kelurahan dan desa untuk pengendalian penyebaran Covid-19, di wilayah Kabupaten Nunukan.

Berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 level 3 level 2 dan level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan Corona Virus disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona virus disease 2019 di wilayah Sumatera Nusa tenggara Kalimantan Sulawesi Maluku dan papua sebagai bentuk tindak lanjut dari arahan presiden republik Indonesia agar melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM level 4 level 3 level 2 dan dan level 1 covid 19 Sumatera Nusa tenggara Kalimantan Sulawesi

Maluku dan Papua berdasarkan oleh kementerian kesehatan serta lebih mengoptimalkan posko penanganan covid 19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19 dengan ini disampaikan kepada seluruh kepala OPD pemimpin instansi vertikal kepala kantor pemimpin perusahaan dan perbankan pemimpin BUMN dan BUMD camat lurah/kepala desa, pelaku dan pengelola serta pemilik tempat usaha pengurus/pengelola tempat ibadah dan seluruh warga masyarakat di wilayah kabupaten Nunukan ketentuan sebagai berikut.

1. Bahwa sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4 level 3 level 2 dan level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan Corona virus disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengadilan penyebaran corona virus disease 2019 di wilayah Sumatera Nusa tenggara Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua, Kabupaten Nunukan ditetapkan sesuai situasi demi berdasarkan assesmen dengan keteria level 2.

2. Pelaksanaan PPKM level 2 di wilayah Kabupaten Nunukan dalam rangka pengadilan penyerbuan ke Vietnam adalah dengan menetapkan peraturan PPKN dengan keterangan pengadilan wilayah hingga tingkat RT dengan kriteria sebagai berikut:
a. Zona Hijau dengan keteria tidak ada kasus covid-19 di 1 RT maka skenario pengendalian dilakukan dengan surveialns aktifkan seluruh suspect dites dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin berkala:

b. Zona Kuning dengan keteria jika terdapat 1 sampai 2 rumah tangga dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir maka skenario pengendaliannya adalah menemukan kasus suspek dan pelacak kontak erat lalu makan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dan pengawasan ketat:

c. Zona Orange dengan kriteria jika terdapat 3-5 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir maka skenario pengendaliannya adalah menemukan kasus prospek dan pelacakan kontak erat lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat serta pembatasan rumah ibadah tempat bermain anak dan dan pengawasan umum lainnya kecuali sektor ensial.

d. Zona Merah dengan kata-kata jika terdapat lebih dari 5 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT dalam 7 hari terakhir maka skenario pengendaliannya adalah pemberlakuan PPKN tingkat RT yang yang mencakup :

1. Menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat.

2. Melakukan isolasi mandiri/terpusat dengan pengawasan ketat.

Ditemui ditempat berbeda, Humas Tim Satgas Covid-19 kabupaten Nunukan Kalimantan Utara Aris, menyampaikan bahwa sudah keluar surat edaran dari Bupati Nunukan yang terbaru untuk PPKM level 2, intinya kalau untuk level 2 itu semua aktivitas kegiatan masyarakat itu nanti berdasarkan seperti PPKM mikro jadi berdasarkan pemetaan risiko di level RT.

Alhamdulillah sekarang hampir semua RT paling tinggi itu kuning artinya masuk kategori aman lah kecuali satu RT saja yang masih orange itu pun dalam dua hari ini sudah berubah kuning.

Sementara untuk wilayah Nunukan Sebatik sama wilayah 3 hampir semuanya level kuning untuk zona resiko per RT tidak ada masalah kemudian khusus untuk pembelajaran tatap muka memang sudah bisa dibuka tapi nanti secara teknis akan diatur oleh dinas pendidikan dan Kebudayaan.

Humas Tim satgas Covid-19 Nunukan jadi pendidikan yang mengeluarkan hasil pedoman teknisnya untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka, walaupun sebenarnya di level 3 kemarin sudah mulai juga tatap muka walaupun tatap muka terbatas.

Penetapan level tiga level 2 kan ada indikator kesehatan masyarakat penemuan kasusnya, termasuk dari sistem pelayanan kesehatannya artinya kesiapan layanan ketika ada ledakannya kemudian hampir dari semua indikator untuk kabupaten Nunukan itu memang sudah menurun semua.

Contoh angka penemuan Dua Minggu berturut-turut kita sudah turun bahkan lebih dari 50% kemudian angka kematian kita juga turun dalam dua minggu ini.

Minggu kemarin adalah Minggu ke 39 dan Minggu ini sudah masuk ke Minggu ke 40 tidak ada kematian.

Kemudian angka burnya itu jauh sekali artinya di bawah mungkin di bawah 30% jauh dari ketentuan WHO yang minimal tidak boleh lebih dari 60% kalau kita sampai 30%. kewaspadaan itu tetap ada makanya di level 2 itu kita tetap mengoptimalkan untuk kesiap siagaan di satgas mikronya artinya mengaktifkan satgas untuk tingkat desa nya dan juga tingkat kecamatan.

Nanti kita akan ada zonasi per RT untuk zona yang masuk kategori rendah tapi sufplus aktif kita tetap berjalan ketika masuk wilayah RT dengan zona resiko rendah misalnya zona kuning artinya, ketika kita menemui kasus-kasus suspek tetap akan kita tindak lanjuti dengan pemeriksaan swab, pungkas Aris, Humas Tim Satgas Covid-19 kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *