Laksamana TNI Yudo Margono Dorong Pemerintah Daerah Optimalkan Pengelolaan Sumberdaya Alam Laut Indonesia

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Laut, (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengajak pemerintah daerah mengoptimalkan potensi sumberdaya alam laut Indonesia untuk kesejateraan masyarakat Kepulauan dan pesisir.

“Sumberdaya alam laut Indonesia ini sangat besar sekali namun pemanfaatannya memang masih kurang,” ungkap Laksamana Yudo Margono dalam kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspeksindo) yang diselenggarakan diatas kapal KRI Semarang-594 dengan berlabuh dilaut pulau Belitung. (Jum’at 08/10/2021)

Dalam sambutan nya, Kasal juga menyampaikan tentang keamanan maritim NKRI di hadapan 333 Kepala Daerah Kepulauan dan pesisir yang menjadi anggota Aspeksindo.

“Saya berharap dengan sinergitas antara TNI Angkatan Laut dan Aspeksindo yang sudah terjalin ini, akan dapat memberdayakan masyarakat, untuk keamanan wilayah maritim, kami yang menjaganya.”tandas Laksamana Yudo Margono

Sebagai contoh bahwa pemanfaatan potensi sumberdaya alam laut kita dinilai masih belum optimal, seperti yang terjadi di wilayah perairan selat Malaka dalam sehari tercatat sekitar 700 sampai 1.000 kapal yang melintas, karna begitu strategisnya jalur pelayaran tersebut.

Tapi kita dari indonesia terkesan hanya melihat saja, padahal potensi itu bisa dimanfaatkan untuk layanan kepanduan kapal belum lagi kapal-kapal yang melintasi ALKI 1 dan ALKI 2,” ujarnya.

Selain itu, potensi sektor perikanan juga belum dimanfaatkan secara optimal seperti masih ditemukannya praktik “ilegal fishing” oleh kapal berbendera Vietnam di laut Natuna yang sering diamankan oleh petugas patroli TNI Angkatan Laut.

“Jika potensi sektor perikanan tersebut bisa dimanfaatkan oleh nelayan Indonesia, maka akan menghasilkan pendapatan dan devisa yang cukup besar bagi negara, dengan begitu nelayan kita akan lebih sejahtera.”pungkasnya.

Pewarta : Syahril Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *