Pemkab Demak Terima Bantuan 25 Unit Konsen-Trator Oksigen Dari Djarum Foundation

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Pemkab Demak menerima bantuan alat kesehatan berupa 25 unit konsentrator oksigen dari Djarum Foundation. Bantuan diserahkan oleh Manajer Public Djarum Foundation Kudus Purwono Nugroho dan Staf Manager Public Arvi Oktaviendra Suhadi guna mengantisipasi munculnya varian baru Covid-19 yang dapat mengakibatkan lonjakan kasus dan kebutuhan terhadap oksigen seperti yang terjadi beberapa bulan lalu.

Bantuan diterima langsung oleh Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, SE didampingi oleh Wakil Bupati Demak, KH. Ali Makhsun, M.S.I, Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes beserta asisten, Kepala Perangkat Daerah terkait dan 5 Direktur Rumah Sakit Kabupaten Demak yakni RSUD Sunan Kalijaga, RSUD Sultan Fatah, RS Pelita Anugrah, RSI Nahdlatul Ulama, RS Fatimah Sulchan PKU Muhammadiyah di Pendopo Satya Bhakti Praja, Senin, (11/10/21).

Purnomo Nugroho pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penyerahan konsentrator oksigen kepada pihak rumah sakit sebagai wujud antisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 mengingat Rumah Sakit adalah ujung tombak dalam penangananan Covid-19 di Kabupaten/ Kota.

“Beberapa bulan lalu, Indonesia sempat mengalami lonjakan kasus harian Covid-19 sehingga terjadi kelangkaan oksigen. Meski kini sudah melandai, Djarum Foundation melakukan inisiatif memberikan bantuan ini sebagai antisipasi jika ada varian baru agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, SE menyampaikan terima kasih kepada pihak Djarum Foundation atas pemberian bantuan konsentrator oksigen sebagai wujud nyata dalam penanggulangan Covid-19

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Demak mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Djarum Foundation atas berbagai bantuan yang telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Demak. Semoga sinergitas ini tetap terjalin baik untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam bidang kesehatan” jelasnya.

Meskipun Kabupaten Demak masuk kategori daerah dengan PPKM level 2, Bupati Demak mengajak kepada seluruh pihak untuk tetap menegakkan protokol kesehatan. Kondisi yang sudah mulai membaik jangan sampai membuat terlena dan lengah sehingga meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, upaya pencegahan Covid-19 telah dilakukan oleh Pemkab Demak melalui percepatan vaksinasi.

Sebagai informasi Djarum Foundation mendonasikan 1.000 unit konsentrator oksigen untuk Kementerian Perindustrian RI serta sejumlah rumah sakit di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Konsentrator oksigen adalah jenis perangkat medis yang digunakan untuk menyuplai oksigen ke pasien dengan gangguan pernapasan.

Alat ini hanya bisa digunakan dengan pengawasan serta resep dari dokter. Cara kerjanya dengan menghilangkan nitrogen dari udara dan menghasilkan oksigen murni hingga 96%. Sebagai referensi, udara ruangan mengandung 80% nitrogen dan 20% oksigen. Dengan konsentrator oksigen, kandungan udara akan berubah melalui proses penyaringan. Ada dua filter atau saringan dalam satu mesin. Satu untuk mengambil udara dari luar. Saringan berikutnya untuk mengalirkan oksigen ke pasien,

Pewarta : Safik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *