Tergabung di grup A Kaltim dan Papua lolos semifinal cabor Hand Ball Putri PON XX 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com – Kalimantan Timur (Kaltim) takluk dari tuan rumah Papua dalam lanjutan babak penyisihan grup A cabang olahraga (cabor) Hand Ball Putri PON XX 2021.

Meski kalah dari tuan rumah Papua, Kaltim sudah lebih dulu memastikan diri lolos ke Semi Final karena mengantongi kemenangan atas Jawa Timur dan meraih gol terbanyak di grup A.

Tim Jawa Timur pun dipastikan tak lolos ke babak selanjutnya karena kalah selisih gol. Kaltim berhak menggandeng tuan rumah Papua melaju ke babak Semi Final mewakili grup A.

Bermain di Gor Handball SP-2 Mimika, Senin, (11/10). Kaltim yang dihuni sejumlah pemain nasional kalah dari Papua dengan skor 18-20.

Pelatih Hand Ball Putri Papua, Joni Seprianus Sir dalam jumpa pers mengatakan, kemenangan ini merupakan kebanggaan tersendiri baginya.

Pelatih Hand Ball Putri Papua, Joni Seprianus Sir

“Atlet kita ynag notabane berangkat dari nol, tapi kita sudah bisa bersaing dengan tim yang juara, ini sangat luar biasa dan menjadi kebanggaan tersendiri,” kata Joni.

Dirinya menyatakan, pasca laga itu, timnya langsung bersiap diri dan menatap laga Semifinal dan memenangkan demi meraih target Medali Emas di cabor Hand Ball.

“Apapun kondisinya kita yakin pasti bisa seperti slogan Torang Bisa,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Hand Ball Putri Kaltim, Dwi Chandra usai laga itu mengatakan, Tim-nya kalah karena banyak poin Kaltim dianulir Wasit di laga tersebut.

“Banyak gol kami yang dianulir tanpa alasan yang jelas. Apalagi ini partai penentuan (antara Jatim dan Papua),” kata Dwi.

Dirinya menambahkan, laga itu menampilkan permainan keras dan menjurus kasar. Akibatnya sebanyak 3 pemain andalannya mengalami cedera.

Pelatih Hand Ball Putri Kaltim, Dwi Chandra

“Tadi banyak pemain nasional kami cedera karena banyak permainan yang menjurus kasar dibiarkan wasit. Sangat kecewa,” bebernya.

Hal itu menurutnya berdampak pada psikologis pemain lainya dalam melanjutkan permainan dan kalah dari Papua.

Selain itu, Dwi juga menyayangkan laga penentu ke fase semi-final itu tak disiarkan secara langsung oleh pihak penyelenggara.

“Biasanya kan disiarkan secara langsung seperti pertandingan lain. Harusnya disiarkan, kecewa sih,” kesalnya.

Meski demikian, dia mengakui tim Papua bermain cukup baik dan agresif. Selaku pelatih kata dia, timnya akan berbenah untuk laga semi-final nantinya.

Diketahui, cabang olahraga Hand Ball Putri
Grup A terdiri dari Kalimantan Timur, Jawa Timur, dan Papua. Sedangkan Grup B terdiri dari Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Berikut hasil pertandingan keseluruhan di grup A Hand Ball Putri PON XX.

Papua vs Jatim 11-12
Jatim vs Kaltim 14-21
Kaltim vs Papua 18-20

 

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *