Bupati Nunukan resmikan gedung PCR

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kalimantan Utara – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid. SE.,MM., Ph.d, meresmikan Gedung PCR (Polymerase Chain Reaction), salah satu gedung baru milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunuan.

Peresmian Gedung PCR tersebut dilaksanakan di kompleks RSUD pada Senin, 11/10/2021.

Kegiatan Peresmian Gedung PCR ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati, Sekertaris Daerah dan Direktur Rumah Sakit Umum Nunukan, serta Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltara Andi Muhammad Akbar, juga Jajaran Forkopimda Kabupaten Nunukan.

Bupati Nunukan menyampaikan bahwa dengan adanya gedung PCR ini akan lebih memudahkan, dan tidak perlu mengirimkan sampel tes PCR ke Tarakan maupun ke Surabaya yang membutuhkan waktu lama, jika udah ada di Nunukan maka paling lama tiga jam sudah keluar hasilnya, ujarnya.

Menurut Bupati Nunukan, keberhasilan penanganan pandemi terletak pada kecepatan dalam melakukan deteksi, menemukan suspect dengan Testing, melakukan Tracing, mengisolasi dan menjalankan upaya- upaya penyembuhan.

Dengan adanya fasilitas tes PCR dan mobile PCR Covid 19 maka tidak perlu lagi menunggu berhari-hari untuk mengetahui apakah seseorang itu positif atau negatif Covid -19 sudah bisa kita lihat hasilnya.

Lanjut Bupati Nunukan, Fasilitas PCR ini akan sangat membantu masyarakat yang akan bepergian ke luar daerah harus bisa menunjukkan bukti sertifikat vaksin dan hasil tes PCR harus negatif.

Sebenarnnya untuk peralatan atau alat ini sudah lama tiba tapi memang untuk pengadaan gedung ini baru bisa kita tuntas dan wujudkan di tiga bulan terakhir, karena memang ada proses yang harus kita lalui karena ini didapatkan dari anggaran DAK, bukan sumber APBD Kabupaten Nunukan, nilai anggarannya kurang lebih 2 Miliar.

Bupati Nunukan juga berharap gedung PCR ini agar bisa digunakan sebaik mungkin, jika ada yang melakukan PCR semuanya non reaktif, tidak ada yang positif.

 

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *