Dukung Pemulihan Ekonomi Petani, PT.TPL Tbk Bantu 16 Unit Cultivator Kepada Pemkab Toba

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toba – Sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah Toba dalam pemulihan ekonomi di sektor pertanian serta peningkatan index pertanian (IP) melalui optimlisasi pemanfaatan lahan, PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) menyerahkan 16 unit mesin pertanian Cultivator dengan nilai Rp300 juta lebih, kepada Pemerintah Kabupaten Toba.

Penyerahan bantuan tersebut langsung diterima Bupati Toba Poltak Sitorus, di UPTD Dinas Pertanian dan Perikanan Landbow, Desa Sibarani Nasampulu, Kecamatan Laguboti.

Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutanya mengatakan bantuan cultivator sangat bermanfaat bagi para petani terutama yang sudah berusia lanjut, sebagai solusi kesulitan mereka dalam membuat bedengan sebelum melakukan penanaman.

Poltak juga mengapresiasi respon cepat TPL terhadap proposal permohonan bantuan cultivator dari Pemerintah Kabupaten Toba.

“Kita menerima 16 Unit cultivator, tolong betul-betul dimanfaatkan karena masyarakat sangat membutuhkannya. Jangan sampai alat ini nongkrong di kantor camat,” kata Poltak di depan para camat.

Menurut Poltak, besar kecilnya bantuan yang diberikan akan tetap berdampak sangat besar jika dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh.

Hal ini sangat baik untuk pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi yang sedang melanda dunia, terkhusus di Kabupaten Toba.

“Semangat untuk bertani sudah harus disalurkan ke pemuda/i dengan menggalakkan sistem pertanian modern menggunakan teknologi agar lebih produktif dan efisien,” imbuh Poltak.

Direktur TPL, Parlindungan Hutagaol mengatakan dalam melaksanakan kewajiban tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), diharapkan dapat memudahkan petani dalam melakukan pengolahan lahan sebelum penanaman benih.

Menurutnya, dengan jumlah 16 kecamatan di Kabupaten Toba, maka dapat terwakilkan untuk 1 Unit cultivator per kecamatan. Harapannya, seluruh desa yang ada di setiap kecamatan memiliki peluang dan kesempatan yang sama dalam pemanfaatannya.

“Melalui bantuan ini diharapkan para petani dapat melakukan proses pengolahan tanah dengan lebih baik, dan dapat menjadi stimulus untuk menggairahkan masyarakat petani di Kabupaten Toba, serta dapat mengoptimalkan waktu yang tersedia sehingga meningkatkan produktivitas petanian,” papar Parlindungan Hutagaol.

Bantuan Cultivator juga mendukung visi dan misi Kabupaten Koba dalam memajukan perekonomian dan ketahanan pangan.

“Mari kita doakan TPL tetap berjalan dan semakin maju sehingga di masa yang akan datang kita dapat menikmatinya bersama-sama,” lanjut Parlindungan.

Sementara itu Camat Laguboti, Pintor Pangaribuan, SH, menyebutkan bantuan cultivator ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Laguboti di bidang pertanian.

“Kami sangat berterimakasih dan senang menerima bantuan ini. Bahkan Pemerintah Kecamatan Laguboti sudah mengundang semua kepala desa hari Rabu depan untuk memaparkan cara pengoperasian alat cultivator ini ke setiap desa.

Rencananya akan dibuat jadwal pemakaian, semisal 2 minggu per desa agar semua desa merata merasakan manfaatnya,” ujar Pintor.

Di kesempatan yang sama, Camat Nassau, Timbul Sipahutar turut mengapresiasi TPL atas bantuan yang diberikan sebagai bentuk implementasi dana CD dalam membantu masyarakat terutama dalam penignkatan produksi pertanian.

Sebab sebagian besar pendapatan penduduk Kecamatan Nassau dan HaBorNas secara umum adalah melalui bertani, sehingga dengan adanya mesin cultivator ini dapat membantu meningkatkan hasil produksi dan peningkatan ekonomi masyarakat di masa yang akan datang terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang.

“Kami bersyukur juga kepada Tuhan, PT TPL yang berada di Kabupaten Toba semakin oke dan jaya agar ke depan bisa saling bersinergi di dalam meningkatkan komoditi dan hasil pertanian khususnya di wilayah HaBorNas,” tutup Timbul.

Penyerahan cultivator pertanian juga turut dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Toba, Audy Murphy Sitorus (Sekretaris Daerah), Sahat Manullang (Asisten II), Eston Sihotang (Kabag Perekonomian), Togap Hasoloan Sitorus (Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan), Marsarasi Simanjuntak (Kepala Dinas Ketahanan Pangan) Kepala Desa Sibarani Nasampulu dan 16 Camat se-Kabupaten Toba, serta perwakilan management TPL, Ramida Siringo-ringo dan Jerry Tobing

Pewarta : Abdi.S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *