Suasana Haru saat Satgas TMMD Pamitan, Warga Merasa Kehilangan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Batang, Jateng -Sudah sebulan penuh, Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 112 berada di Desa Gerlang dalam rangka membangun desa melalui kegiatan TMMD, Kodim 0736 Batang.

Secara resmi, TMMD ditutup oleh Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra bersama Wakil Bupati Batang Suyono pada, Kamis 14 Oktober 2021 di Aula Kantor Bupati Batang Jawa Tengah.

Sementara itu di Desa Gerlang Satgas TMMD berpamitan sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga. “Suasana haru dan sedih saat sejumlah prajurit pamit setelah satu bulan membangun infrastruktur jalan di Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jateng. Kades berikut perangkat serta warga pun tak kuasa menahan air mata.

Para prajurit TNI harus segera kembali ke satuan. Sebab, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 112 Kodim 0736/Batang tahun 2021 di Desa Gerlang telah berakhir.

Kades Gerlang Sukowiyono yang mewakili warga berulang kali menyampaikan terima kasih. Mereka mengaku gembira karena jalan desa yang sebelumnya susah di lewati kini bisa dilintasi kendaraan. Selain itu, warga juga dibekali berbagai ilmu dan keterampilan dari prajurit TNI.

Namun, kata-kata Sukowiyono mendadak terhenti. Lidahnya bagai tercekat, tak mampu berkata. Pria muda itu wajahnya memerah. Sekuat tenaga dia menahan air mata haru agar tak tumpah. Namun tidak kuat hingga air mata menetes.

“Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, dan tak terasa juga air mata ini jatuh karena saya merasa seperti kehilangan saudara saya sendiri. Banyak hal yang sudah kita lalui selama satu bulan penuh, kita sudah dibantu dalam membangun desa dan sudah banyak perubahan yang di bawa sama bapak TNI berada disini,” ujar Sukowiyono sambil menahan isak tangis dan mengusap air matanya.

Walaupun TMMD sudah berakhir, dia berharap kedekatan yang sudah dibangun selama ini tetap terjalin. Komunikasi dan kerjasama yang haromonis selama ini menjadikan citra TNI di mata masyarakat menjadi lebih baik.

“Mudah-mudahan persaudaraan ini tidak akan hilang begitu saja dan sampai kapanpun warga Desa Gerlang akan menerima penuh kehadiran Bapak TNI apabila ada yang hendak bermain lagi,” katanya dengan suara terbata-bata.

Senada, Danki Satgas TMMD Lettu Inf Kusman menuturkan bahwa TMMD hanya salah satu sarana untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan antara TNI dengan rakyat.

“Kami berharap rasa kekeluargaan yang sudah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat akan semakin kokoh kuat untuk menjaga tetap tegaknya NKRI,” ungkapnya.

Saat anggota Satgas dari Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma ,Brigif 4/Dewaratna yang di pimpin Lettu Inf Kusman melaksanakan pamitan dengan warga, suasana kembali pecah karena kesedihan warga.Sembari bersalaman dengan anggota Satgas, warga baik pria maupun wanita tak kuasa terus mengusap air matanya .

Pewarta : Irul / Hri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *