Proyek Tanpa Pemberdayaan Masyarakat, Enda Gunawan Carik desa Kibang Lamtim : Silahkan tanya KKM dan anggaran itu kurang tau

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Terkait adanya dugaan proyek tak bertuan dalam pemasangan pipa paralon untuk instalasi air program pamsimas bagi rumah warga yang dikerjakan oleh KKM ( Kelompok Kswadayaan Masyarakat ) didesa Kibang Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur.

Maka, pada kesempatan itu tim media menemui Kepala Desa Kibang Lampung Timur, Winarno. Namun, sang Kades tidak berada di kantor dan ditemui Sekertaris Desa/Carik Desa.

Enda Gunawan selaku Carik desa Kibang,Kec.Metro Kibang Kab.Lampung Timur, terkait keberadaan proyek tak bertuan dan mempersilahkan kepada pihak tim media untuk menanyakan langsung dengan panitia KKM.

” Itu kan yang jelas,kita sudah serahkan dengan masyarakat. Sampean bisa koordinasi dengan KKM. Kami hanya menyerahkan, ini ada program dan silahkan berkoordinasi Satlak, KKM dan anggota semua ,” kata Enda Gunawan.

Dikesempatan itu, Enda Gunawan selaku Carik desa Kibang Lamtim menjelaskan, jika sudah terbiasa dengan sebuah pemberitaan dari awak media.

” Berita yang seperti itu, saya sudah banyak dan berita yang enggak jelas ,” ucap Enda saat diwawancarai tim media, Selasa ( 19/10) siang.

Lebih lanjut, terkait saat tim media mempertanyakan, mengapa pihak panitia KKM desa Kibang menggunakan alat berat traktor dalam penggalian lubang dan tidak memberdayakan masyarakat setempat. Enda Gunawan, menjawab jika itu hanya sebatas pemberian tanda.

” Mengapa digaris dengan alat berat pasti ada alasan, kenapa. Apa nanti pemberdayaan dengan pemasangan. Itukan tetep tanah didalem semua dan mungkin seperti itu ,”jawabnya.

Pada akhir wawancara, Enda Gunawan mengatakan, jika tidak mengetahui tentang nilai anggaran proyek tersebut secara global dan berdalih memaparkan tentang aturan serta birokrasi.

” Kalau anggaran proyek itu saya belum tau. Yang jelas saya di atur masyarakat dan program itu terlaksana. Kami satu kecamatan ini sudah semua untuk Pamsimas. Kita sama – sama ada birokrasi. Yang penting kita punya aturan. Sampean seperti itu, kami seperti ini ,” tututnya.

Sesuai penjelasan, Enda Gunawan sebagai Carik desa Kibang Kec.Metro Kibang Lampung Timur, bahwa dalam pekerjaan proyek pemasangan pipa sebagai instalasi pamsimas terkesan kurangnya pengawasan oleh pihak pemerintahan desa. Terbukti, pihak pemerintahan desa tertutup. Baik nilai anggaran, maupun sumber dana.
Selain itu, pihak panitia KKM desa Kibang tidak ada pemberdayaan masyarakat setempat.

Terkesan, diduga ada kongkalikong oleh pihak panitia KKM desa Kibang Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur, untuk mencari keuntungan sepihak bagi kelompoknya. Kedepan, tim media akan terus menggali informasi tentang nilai anggaran dan sumber dana dari proyek pamsimas di desa Kibang Lampung Timur.

TIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *