Wakapolda Sulut Hadiri Peresmian Nama Jalan dan Lapangan oleh Ketua MA RI di Pengadilan Terpadu Manado

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sulut – Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., MTC.P., menghadiri peresmian nama jalan dan lapangan oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., di Kantor Pengadilan Terpadu Manado, Jumat (22/10/2021) pagi.

Ruas jalan dan lapangan upacara/olahraga tersebut diresmikan dengan nama Prof. Dr. Mr. Raden S.E. Koesoemah Atmadja, yang merupakan Ketua MA RI pertama pada 1945-1952, serta telah diberi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah RI pada 1965.

Ruas jalan yang diresmikan adalah akses masuk dari Tugu Adipura Mapanget menuju kompleks Pengadilan Terpadu Manado, yang sebelumnya bernama Jalan Adipura Raya. Adapun nama jalan baru tersebut diusulkan oleh Pemprov Sulut.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ketua MA RI didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Gubernur dalam sambutannya, menyatakan bersyukur dan bangga atas peresmian nama jalan dan lapangan Pengadilan Terpadu Manado, yang diresmikan langsung oleh Ketua MA RI.

“Terima kasih juga Bapak Ketua MA RI, karena pembangunan sarana prasarana pengadilan di Sulut khususnya di Kepulauan Talaud sudah selesai. Sehingga pelayanan kepada masyarakat di bidang hukum terutama di wilayah kepulauan jadi lebih mudah,” ujar Gubernur.

Sementara itu Ketua MA RI, mengapresiasi berdirinya gedung Pengadilan Terpadu Manado, yang merupakan gedung Pengadilan Terpadu pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulut yang telah berkenan menyematkan nama jalan di depan kantor Pengadilan Terpadu Manado ini dengan nama Prof. Dr. Mr. Raden S.E. Koesoemah Atmadja.

“Kami yakin pemberian nama jalan Prof. Dr. Mr. Raden S.E. Koesoemah Atmadja ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada beliau atas jasa-jasanya yang telah dipersembahkan kepada bangsa dan negara, khususnya bagi instansi MA dan badan peradilan yang berada di bawahnya,” tutur Ketua MA RI.

Pihaknya pun berharap, mudah-mudahan dengan pemberian nama jalan ini akan tumbuh gelora kepahlawanan dan patriotisme di tengah masyarakat, khususnya di dalam jiwa insan aparatur peradilan dalam bentuk semangat yang tinggi menegakkan hukum dan keadilan demi terwujudnya kejayaan bangsa dan negara.

“Kita juga berharap mudah-mudahan dari gedung-gedung yang megah ini bukan hanya memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pencari keadilan, tetapi juga terpancar rasa keadilan yang didambakan oleh para pencari keadilan,” pungkas Ketua MA RI.

Turut hadir dalam peresmian, di antaranya Wakil Ketua MA RI Bidang Yudisial bersama para Ketua Kamar MA RI, Hakim Agung, Sekretaris dan Panitera MA RI, Pejabat Eselon I MA RI, Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama, serta Forkopimda Sulut.

Pewarta : Chandra/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *