Gerakan Pramuka, Saka Bhayangkara Polsek Limpung Lakukan Bakti Sosial

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Batang Jateng – Puluhan anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Limpung melaksanakan jelajah dan bakti sosial dalam rangka pengambilan Bed Satuan Karya bagi anggota baru.

Mereka antusias mengikuti kegiatan itu meski harus berjalan kaki belasan kilometer menyusuri area pesawahan dan hutan sengon. Start dimulai dari lapangan desa Tembok kecamatan Limpung dan finish di desa Sojomerto kecamatan Reban Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Nampak hadir Kapolsek Limpung, Ketua Bhayangkari Ranting sebagai anggota Mabisaka, Bhabinkamtibmas, Pamong, Instruktur, Dewan Saka, dan seluruh anggota.

“Ini merupakan agenda rutin, dalam dua tahun masa pandemi COVID-19 memang tidak dilaksanakan, baru kali ini dimulai itupun dengan tetap menggunakan prokes yang ketat,” kata instruktur Saka Bripka Nur Hasyim.

Selain kegiatan jelajah, juga dilaksanakan bakti sosial di tempat start dan finish.

“Hal ini sebagai implementasi pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang selalu kami tanamkan kepada peserta didik,” terang Nur Hasyim yang pernah berdinas di Sat Gegana Brimob Kelapa Dua.

Kapolsek Limpung Polres Batang, AKP Yorisa Prabowo, S.Pd yang turut hadir dalam acara mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung kegiatana di bawah naungannya sebagai wujud pelaksanaan sistem pembinaan dalam kepolisian.

“Suatu kebanggaan bagi kami bisa menjadi Ketua Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara Kwartir Ranting Limpung, yang mewadahi generasi muda dalam organisasi yang positif dimana adik-adik dengan kesadarannya menjadi agen-agen Polmas yang membantu tugas Kepolisian khususnya Polsek Limpung,” kata AKP Yorisa Prabowo.

Ketua Bhayangkari Ranting Limpung Ny. Damar Yorisa menambahkan kegiatan alam terbuka sangat menarik minat adik-adik dalam mengikuti pramuka terutama Saka Bhayangkara.

“Hal menarik bagi saya memiliki adik-adik Saka Bhayangkara yang aktif, dimana saat ini minat anak milenial pada organisasi Pramuka sangat kurang,” katanya.

Menurut dia, kebanyakan dari mereka mengikuti suatu komunitas hanya karena kesamaan hobi atau kegemaran saja belum mengenal pada kemandirian dan kepedulian akan lingkungan sekitarnya.

“Alhamdulilah, anak anak Saka Bhayangkara disini sangat gemar dan peduli lingkungan. Dalam setiap kegiatan kami selalu tanamkan budi pekerti,” ujarnya.

Sementra ketua Dewan Saka Risky Sovyana Devi yang akrab di panggil Devi mengatakan kegiatan yang dilaksanakan sudah melalui musyawarah dengan panitia.

“Penentuan rute maupun tempat bakti sosial sudah sesuai dengan situasi dan kondisi semua itu mengacu arahan pamong dan instruktur dari Polsek Limpung,” kata Devi yang juga pelajar SMK Maarif NU Limpung.

Apresiasi positif datang dari Sekretaris desa Sojomerto, Rewan Awal Setiarso yang mendampingi saat pembagian baksos di sekitar finish Madin di desanya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada jajaran Polsek Limpung dan adik-adik Saka yang telah melaksanakan baksos di desanya yang sangat berguna bagi masyarakat sekitar, semoga akan mendapatkan balasan dari Allah SWT,” kata Awal yang juga sebagai komandan PAMTER pencak silat PSHT Cabang Batang pusat Madiun dengan senyum khas nya.

Dalam bakti sosial dibagikan lima paket sembako berupa beras 5 kilogram dan uang di berikan kepada warga yang membutuhkan sesuai dengan masukan dari Bhabinkamtibmas sebagai pengemban fungsi pembinaan di desa tempatnya bekerja.

Pewarta : Irul /Herry

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *