Modus Penyelewengan Dana BOS, SDN 1 Ratna Daya RU Lamtim, cat sekolah hanya tampak depan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Jurus jitu penyelewengan Dana BOS oleh sebagian kepala sekolah bermacam – macam. Modus barunya adalah penyelewengan anggaran Dana BOS dalam komponen perbaikan sarpras ( sarana dan prasarana ) sekolah. Tidak tanggung – tanggung anggaran Dana BOS yang digelontorkan pemerintah hingga mencapai puluhan juta rupiah. Namun, diduga sebagian pihak sekolah tidak menjalankannya.

Fakta nyata terlihat di SDN 1 Ratna Daya Raman Utara Lampung Timur. Dalam alokasi anggaran Dana BOS untuk perbaikan sarpras ( sarana dan prasarana ). Bahwa pihak sekolah hanya melakukan pengecatan di bagian depan/tampak muka dan tidak pada dinding belakang. Terbukti, dinding belakang gedung sekolah tidak ada pengecatan. Sehingga kuat dugaan Kepala SDN 1 Ratna Daya Raman Utara Lampung Timur, telah melakukan penyelewengan anggaran Dana BOS.

Haryani, Kepala SDN 1 Ratna Daya Raman Utara Lamtim, saat ditemui tim awak media tidak berada disekolah. Pihak sekolah mengatakan, jika sedang sang Kepala Sekolah rapat dinas.

” Kepala sekolah di RK, tadi dia izin rapat, dan beliau menjabat dari tahun 2020. Kami sedang ANBK bersama sekolah lain, karena mereka susah sinyal ,” ungkap Erik, selaku operator sekolah SDN 1 Ratna Daya Raman Utara Lampung Timur, menemui Mitrapol.com, Selasa ( 26/10).

Melihat data pengelolaan anggaran Dana BOS SDN 1 Ratna Daya Lampung Timur, pada tahun 2020 berjumlah Rp. 110.250.000. Terbagi untuk anggaran perbaikan sarpras senilai Rp.18.300.600.

Masih ada anggaran dana BOS dalam komponen lainnya, yang diduga adanya penyelewengan. Anggaran lainnya, kegiatan asesmen/evaluasi pembelajaran senilai Rp.14.677.000 serta pembayaran guru honor mencapai Rp. 33.480.000.

Data – data nilai anggaran Dana BOS tersebut, belum termasuk komponen lainnya. Diharapkan kepada aparat penegak hukum ( APH ) dan pihak Inspektorat Kabupaten Lampung Timur, melakukan pemeriksaan dan monitoring/ cross check atas penggunaan anggaran Dana BOS disekolah tersebut. Sehingga penggunaan anggaran Dana BOS bagi sekolah benar – benar di terapkan.

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *