Peringati Hari Sumpah Pemuda 2021, Menteri Basuki: Generasi Muda PUPR Harus Menjadi Orang PUPR yang Tekun dan Istiqomah Dalam Menjalankan Tugas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menaruh perhatian besar terhadap pembentukan karakter Generasi Muda PUPR. Sebab Generasi Muda PUPR yang akan berperan membangun Indonesia melalui penyediaan infrastruktur di masa depan.

Menteri Basuki mengatakan Generasi Muda PUPR harus menjadi Orang PUPR bukan orang yang bekerja di Kementerian PUPR. “Anda sudah memilih jalan hidup untuk menjadi pegawai negeri di Kementerian PUPR, tekuni itu. Jadilah Orang PUPR, bukan orang yang bekerja di PUPR,” kata Menteri Basuki dalam acara Sinambung Sumpah Pemuda yang dilaksanakan dalam rangak memperingati Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

Dikatakan Menteri Basuki Orang PUPR harus memegang teguh budaya kerja (corporate culture) di Kementerian PUPR yakni mission oriented, team work dan profesional. “Saya ingin memiliki Orang PUPR yang berintegritas dan profesional untuk mengabdi. Kementerian PUPR ini adalah rumah kita, rawat dengan baik untuk bersatu membangun negeri,” ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga berpesan pada Generasi Muda PUPR untuk tekun terhadap pilihan hidup yang sudah diambil karena itu adalah yang krusial menentukan masa depan. “Kalau sudah mengambil keputusan, maka tekuni dan istiqomah, pasti akan sukses,” tambah Menteri Basuki.

Sejalan dengan pesan Menteri PUPR, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan bahwa Generasi muda adalah yang paling mampu menjadi agent of change karena merekalah yang paling terekspose oleh perkembangan zaman oleh sebab itu, generasi muda ini harus menjadi lokomotif akselerasi perubahan yang membawa negara menjadi jauh lebih baik dibandingkan negara lain dan mengakselerasi terwujudnya cita-cita dan tujuan nasional yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Ditambahkan oleh Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI, yang akrab disapa Billy. Ia membagikan pengalaman bagaimana jiwa intrapreneurnya mampu membawa Billy meraih impiannya, yaitu senantiasa menggunakan cara baru dalam bekerja untuk mendorong akselerasi pembangunan di Indonesia.

Semangat sumpah pemuda ini dilanjutkan oleh kisah inspiratif Penulis Dewi Lestari yang menemukan bahwa tidak ada pekerjaan yang besar, yang ada yaitu pekerjaan kecil yang ditekuni dengan setia dimana suatu hari nanti akan tumbuh menjadi karya yang besar.

Peringatan Sumpah Pemuda 2021 di Kementerian PUPR mengambil tema Semangat Mengabdi, Sigap Membangun Negeri! Dengan tema yang diusung tersebut, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media untuk terus menggelorakan semangat perubahan menjadi lebih baik. (Red/Hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *