Mahasiswa Universitas Labuhanbatu perkenalkan tumbuhan jadi Apotik hidup

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Labuhan Batu Sumut – Mahasiswa Prodi Agroteknologi, Universitas Labuhan Batu, Riko Hardiansyah memperkenalkan pentingnya tumbuhan Apotek hidup sebagai obat tradisional kepada Masyarakat Desa Hadundung, Kecamatan Kota Pinang, Kab.Labuhanbatu Selatan, Jumat (28/10/21).

Riko menjelaskan, keanekaragaman hayati yang ada di Bumi selain dapat dipergunakan sebagai bahan pangan, ternyata juga dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Beberapa tumbuhan yang dijumpai disekitaran rumah penduduk dan Perkebunan masyarakat seperti Kunyit, Jahe Merah, Kencur, Lengkuas, Sirih dan lain sebagainya dapat dipergunakan sebagai obat tradisional

Riko berharap, program ini dapat menambah pengetahuan masyarakat untuk lebih mengenal obat-obatan tradisional, sehingga nanti apabila ada sanak keluarga atau tetangga yang terkena penyakit dapat diberikan pertolongan pertama sebelum di bawa kerumah sakit.

Lanjut Riko, seperti tanaman Kunyit dapat mengurangi rasa gatal pada kulit, Jahe merah dapat mengatasi masalah pada pencernaan perut dan mual-mual, serta sirih dapat dipergunakan untuk menghambat pendarahan pada hidung, jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal, 21 september 2021,sehabis ibadah sholat ashar di salah satu perkebunan jeruk nipis milik masyarakat Desa Hadundung, Kecamatan Kota Pinang, Kab.Labuhanbatu Selatan, tutupnya.

 

Pewarta : Marhite Rajagukguk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *