Bupati Lebak Tolak Gugatan Calon Terpilih di Pilkades Padasuka Tetap di Lantik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya melalui surat balasannya tertanggal, (29/10/2021) membalas surat yang disampaikan oleh salah satu calon kades padasuka tertanggal (27/10/2021) terkait permohonan banding administratif atas adanya dugaan kampanye terselubung calon Kades Padasuka nomor urut 3 Kecamatan Warunggunung.

Melalui surat dengan No 141.1/3945-panlih pilkades 2021, Bupati menjawab bahwa Bupati bukan merupakan atasan dari panitia pemilihan kepala desa padasuka sehingga banding administratif sesuai dengan ketentuan pasal 78 undang-undang no 30 tahun 2014 seharusnya disampaikan kepada atasan/lembaga /badan yang mengangkat menetapkan panitia pemilihan kepala desa padasuka.

Kedua Bahwa terkait dengan adanya dugaan pelanggaran peraturan perundang-undangan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di desa padasuka tidak dapat dijadikan dasar untuk dilakukan pemungutan suara ulang.

Diberitakan sebelumnya di sejumlah media, Proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Padasuka, Kecamatan Warunggunung, diklaim sudah sesuai aturan dan mekanisme yang benar. Sementara, soal selisih dua angka yang didapatkan Calkades nomor 3 Irawati tidak menjadi persoalan, maka dipastikan Calkades tersebut tetap dilantik oleh pemerintah daerah sebagai Kades definit setempat. Demikian dikatakan Ketua Pilkades Kabupaten, Alkadri saat dihubungi melalui telepon selulernya oleh wartawan, Kamis (28/10).

Menurut Alkadri, karena yang digugatnya politik uang itu ada ranahnya yakni Aparat Penegak Hukum (APH) yang menaungi persoalan itu. Tapi, proses Pilkades Padasuka hingga penghitungan suara berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang benar hingga mendapatkan hasil suara terbanyak bagi salah satu calon.

“Intinya, karena ini yang digugatnya politik uang maka pelantikan Calkades terpilih tetap dilakukan sesuai aturan yang ada,” terang Alkadri.

Pewarta : Eli Sahroni

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *