Bupati Grobogan: Tak hanya banjir tanah longsor dan Angin Kencang, Gempa Juga Berpotensi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Grobogan Jateng – Tak hanya banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang, Kabupaten Grobogan juga mempunyai potensi ancaman gempa bumi yang berasal dari sesar Kendeng. Demikian diungkapkan Bupati Grobogan, Sri Sumarni dalam apel siaga bencana di Alun-alun Purwodadi, Rabu (3/11).

” Ada lagi potensi ancaman gempa bumi seperti yang terjadi di Ambarawa dan Salatiga, yaitu potensi gempa swam. Dampaknya tidak saja bangunan, melainkan memicu longsoran dan runtuhan batu,” katanya.

Sri sumarni menambahkan, penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat dan dinas terkait. Peran serta masyarakat diperlukan dalam upaya penanggulangan bencana tersebut. Bencana yang terjadi secara tiba-tiba biasanya datang dari faktor alam dan akibat ulah manusia, maka masyarakat harus selalu waspada.

” Kesiap-siagaan pemerintah dan masyarakat menjadi sangat penting untuk kita siapkan dan kita lakukan. Kami minta masyarakat tetap waspada, bencana sering kali datang secara tiba-tiba. Apalagi musim penghujan seperti saat ini. Tak hanya mengandalkan dinas, masyarakat juga harus ikut serta dalam penanggulangan bencana ini. Beberapa pihak terkait juga kami minta langsung terjun ke lapangan tiap kali terjadi bencana,” kata Sri Sumarni.

Pihaknya meminta kepada Kepala BPBD beserta seluruh jajaranya, dan para Camat beserta seluruh kepala desa, agar tidak bosan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait potensi bencana alam.

” Berikan pemahaman, dan jika perlu pada wilayah tertentu yang memiliki potensi kerawanan tinggi, agar dilakukan simulasi, sehingga masyarakat menjadi tanggap bencana. Jika terpaksa harus terjadi, maka mereka tidak menjadi panik, dan tentunya akan meminimalkan terjadinya korban. Kepala OPD, sesuai tupoksinya agar melakukan antisipasi potensi bencana. Khusus kepada Kepala DPUPR dan DLH, yang berwenang menangani turus jalan dan tanggul sungai, untuk melakukan pemantauan secara rutin,” ujarnya.

Pewarta : Safik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *