BPPK Provinsi Papua Gelar Rapat Koordinasi Pembangunan Kawasan Perbatasan RI – PNG di Merauke

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Merauke – Badan Pengelola Perbatasan dan kerjasama Provinsi Papua (BPPK) gelar rapat koordinasi pembangunan kawasan perbatasan RI – PNG Kamis (4/10/2021) bertempat di gedung megari

Kepala BPPK Provinsi Papua Suzana D. Wanggai, S. Pd., MSocSc. Menuturkan rangkaian kegiatan bertujuan mencari, menggali dan menghimpun informasi terkait isu – isu di wilayah Tapal batas Negara Republik Indonesia.

“Persoalan perbatasan cukup rumit untuk itu kita perlu mendiskusikan dengan berbagai komponen stakeholder karena luas wilayah perbatasan RI – PNG untuk darat 860 kilometer,” tutur Suzana.

Ditahun – tahun yang lalu kegiatan semacam ini sering kita lakukan, tetapi sejak pandemi Covid 19 muncul dan terjadi lock down kita pun meniadakan pertemuan serta rapat Koordinasi. Bersyukur di kesepakatan kali ini kita bisa duduk bersama membahas persoalan batas negara di karena kan covid sudah melanday,” ujar Suzana.

Kembali Suzana katakan soal pembangunan daerah perbatasan antara dua Negara yaitu; Republik Indonesia dan Papua New Guinea, wajib saling memberikan informasi tentang apa yang mereka buat Disana begitu juga sebaliknya kita disini. Hal tersebut dapat dilakukan oleh pemerintah yang berada di daerah perbatasan,” tegas Suzana

Saya berikan contoh kita pemerintah perbatasan membangun sekolah atau jalan pada titik – titik kawasan perbatasan, pastiny akan ada warga negara PNG yang masuk dan melintas, bahkan anak mereka mungkin saja bersekolah didalam wilayah batas negara Indonesia. Hal tersebut lah yang perlu kita sampaikan pada pemerintah PNG,” papar Susana Wanggai.

Petugas keamanan, kesehatan, pendidikan harus mengambil data – data terkait situasi dan kejadian yang berlangsung di wilayah perbatasan untuk di laporkan agar kita menangkap persoalan yang bersifat krusial. Tutup kepala Badan Pengelola Perbatasan dan kerjasama Provinsi Papua, Suzana D. Wanggai, S.Pd., M.Soc. Sc.

Kegiatan yang dilakukan tersebut dibuka oleh wakil bupati Haji Ridwan, dengan menabuh tifa sebagai tanda kegiatan tersebut resmi di langsungkan.

Pewarta : Yanes on

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *