AMH 2021, Pemkab Gowa raih Media Sosial terbaik Tiga se-Indonesia dari Kemenkominfo RI

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Gowa Sulsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil meraih penghargaan Terbaik Ketiga dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia Kategori Media Sosial Pemerintah Kabupaten/Kota.Hal ini terlihat saat penghargaan tersebut diberikan pada malam Anugerah Media Humas (AMH) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Kamis (4/11) malam.

Penghargaan yang diterima langsung oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik DiskominfoSP Kabupaten Gowa, Widiah Restuti Hasan mengaku capaian ini tidak lepas dari kerja-kerja kehumasan khususnya dalam mempublikasikan kegiatan maupun capaian Pemkab Gowa melalui media sosial.

“Saat ini media sosial memiliki peran penting dalam menyampaikan atau mempublikasikan suatu hal, sehingga dalam suatu pemerintahan, media sosial sudah menjadi keharusan agar masyarakat mengetahui program, capaian maupun informasi-informasi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Kendati demikian kata Widiah, dalam mempublish suatu informasi melalui media sosial itu sendiri dibutuhkan perencanaan dan research informasi apakah sudah sesuai fakta yang ada atau tidak sebelum dibuat dalam bentuk desain, sehingga melalui media sosial Pemkab Gowa (@humasgowa) seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube masyarakat tersajikan dengan informasi fakta dan menarik.

“Tentu dalam melempar informasi ke medsos juga tidak serta merta memposting tapi ada yang namanya perencanaan. Dalam perencanaan ini semua sudah ada seperti konten apa, jadwal posting dan tak kalah penting desain atau perwajahan agar menarik minat masyarakat untuk membaca postingan kita,” jelasnya.

Olehnya ia berharap melalui penghargaan ini, akan menjadi motivasi bagi dirinya bersama jajaran untuk mempertahankan bahkan meningkatkan apa yang telah dicapai terlebih terus memberikan informasi pada masyarakat khususmya masyarakat Kabupaten Gowa.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate dalam sambutannya mengatakan ajang AMH ini dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan humas pemerintah.

“Terus semangat untuk para nominator dan insan humas pemerintah dalam menciptakan karya-karya kreatif Pranata Humas. Mari terus memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam praktik kehumasan menuju Indonesia makin digital, makin maju,” ujarnya.

Pada AMH 2021 ini terdapat empat kategori media kehumasan yang diperlombakan, yaitu siaran pers (media online), media sosial, website, dan komunikasi publik. Kemudian pemenang masing-masing kategori dibagi menjadi tiga klasifikasi yaitu K/L, BUMN, BUMD, dan PTN, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Selain itu terdapat juga kategori khusus Penyuluh Informasi Publik Terbaik yang diberikan kepada dua orang penyuluh informasi publik.

AMH ini merupakan ajang tahunan yang melakukan penilaian terkait media kehumasan yang dimiliki oleh Kementrian, BUMN Pemprov dan Pemkot/Pemkab yang digelar oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Media sosial adalah kategori dengan peserta terbanyak yaitu sebanyak 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Pada Kategori Media Sosial Pemerintah Kabupaten/Kota, Terbaik I diraih oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul dan Terbaik II diraih oleh Pemerintah Kota Tangerang.

 

 

Pewarta: Armand AR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *