Kalangkaan Pupuk Subsidi di Kab Lebak Banten Membuat Petani Geram

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, LEBAK – Masuk pada musim tanam saat ini di sejumlah wilayah di kabupaten Lebak Banten, pupuk subsidi langka membuat para petani kalang kabut mencari hingga keluar wilayah kabupaten Lebak.

Keluhan langkanya pupuk bukan hanya para petani tapi hal yang sama juga di keluhkan sejumlah mantri tani desa di Kecamatan Gunung Kencana, Cirinten, Bojongmanik, Cileles dan Cikulur.

Untuk memenuhi kebutuhan pertanian dalam mengolah lahan persawahan di saat musim tanam ini, mantri tani desa mencari pupuk subsidi hingga ke luar wilayah Lebak.

” Saya mencari pupuk jenis urea dan TSP hingga ke wilayah Kabupaten Pandeglang, karena diwilayah kami Cirinten Bojongmanik Dan Gunung Kencana sangat sulit, terpaksa ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan petani namun hasilnya sangat terbatas,” kata mantri tani desa di kecamatan cirinten yang identitasnya untuk sementara ini minta di rahasiakan.

Menurutnya, Kelangkaan pupuk mestinya tidak harus terjadi, kelangkaan pupuk merupakan bagian dari pemerintah yang harus bertanggungjawab karena pupuk subsidi merupakan program negara terhadap petani yang sudah di amanatkan oleh undang-undang.

” Ini program negara untuk kepentingan petani mestinya tidak harus terjadi langka pupuk, kenapa ini bisa terjadi,” ujarnya

Sementara ketua DPC Badak Banten Perjuangan Kabupaten Lebak Erot Rohman SE saat di minta komentarnya mengaku, ada kejanggalan dalam hal pupuk sehingga terjadi kelangkaan di sejumlah wilayah di kabupaten Lebak.

” Kami dari ormas Badak Banten Perjuangan Kabupaten Lebak meminta kepada dinas pertanian dan perkebunan kabupaten Lebak dan provinsi Banten harus segera turun tangan mengatasi langka pupuk tersebut,” ujar Erot Rohman SE yang sedang menempuh pendidikan S 2 di salah satu Universitas di Banten.

Pewarta : Eli Sahroni

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *