Momentum Hari Pahlawan, Wabup Gowa ajak masyarakat maknai Bhineka Tunggal Ika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Gowa Sulsel – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengajak masyarakat untuk memaknai momentum perayaan Hari Pahlawan melalui Bhineka Tunggal Ika.

Hal ini dikatakannya
saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2021 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/11).

Sebab hari pahlawan ini dimaknai sebagai bagian membangun identitas diri bahwa semua bersaudara sebangsa dan setanah air yang akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita jangan sampai terpecah oleh perbedaan sara, suku, agama, dan ras dengan membangun semangat gotong royong sesuai dengan slogan Bhinneka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda namun tetap satu jua,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengajak agar masyarakat membuktikan pada dunia bahwa ketika bersama akan mampu mewujudkan cita-cita para pahlawan, karena masyarakat Indonesia bukan bangsa lemah yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah.

“Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yaitu kemiskinan,” jelasnya.

Sejalan dengan tema Hari Pahlawan kata Abd Rauf Malaganni yakni Pahlawanku, Inspirasiku kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan terletak geografis yang strategis.

“Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung Inovasi dan daya kreativitas yang tinggi serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” tambah Abd Rauf.

Olehnya momentum Hari Pahlawan ini ia mengajak masayarakat Kabupaten Gowa untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan agar memberikan kontribusi terbaiknya kepada daerah sebagai pemerus dari pahlawan itu sendiri.

Pada Peringatan Hari Pahlawan ini, turut dihadiri Pj Sekda Kabupaten Gowa, Kamsina, jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, para Pimpinan SKPD dan ASN Lingkup Pemkab Gowa, TNI-Polri dan perwakilan beberapa komunitas se-Kabupaten Gowa dan dilanjutkan dengan melakukan ziarah Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin di Jalan Palantikang, Sungguminasa.

Pewarta : Armand AR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *