Dewan DPRD Prov Sulsel Gelar RPD Bersama Bupati dan Walikota terkait Kerusakan Jalan dan Jembatan di Sulsel

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar – Dewan Provinsi Sulawesi Selatan Gelar Rapat Dengar Pendapat(RDP) Bersama Bupati Luwu Utara Dan Walikota Palopo (Yang Mewakili) serta unsur OPD diantarnya Yang mewakili Kadis PUTR balai besar jalan Nasional, balai sungai pompengan dan ESDM, Kamis 12 Oktober 2021 di ruang Rapat komisi D. DPRD Jl Urip Sumiharjo Kota Makassar.

Bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa daerah seperti di Luwu dan Palopo, mengakibatkan rusaknya jembatan utama jalan nasional ruas jalan palopo-rantepao jembatan Battang atau yang dikenal jembatan miring mengalami kerusakan berat mengakibatkan putusnya arus transportasi terhenti.

Jembatan sibuang- saddang batustanduk lalu arah sinjai juga ambruk terbawa arus air sungai yang sangat kuat, arah pinrang-Enrekang juga retak akibat banjir.

Mendengar hal ini Komisi D DPRD sangat prihatin sehingga meminta kepada dinas PUTR agar membuatkan jembatan parmanen ke tiga ruas jalan nasional yakni palopo Luwu timur dan Luwu raya.

Seluruh Dewan Komisi D yang hadir sangat mengapresiasi atas langkah dinas PUTR telah sigap dan cepat menangani membuatkan jembatan darurat(Sementara) atau yang dikenal dengan sebutan jembatan kelapa sambil memulai pengerjaan utama yang kini pun sudah berjalan.

Menurut paparan dinas PUTR menargetkan jembatan battang akan selesai 14 hari kerja, jembatan lain yang rusak akibat banjir akan segerah dibuatkan jembatan parmanen pada tahun 2022 mendatang, bahkan ada daerah hilang jembatannya terbawa banjir dan bangkainya sama sekali sudah tidak dapat ditemukan juga,” Urainya.

Bupati Lutra sangat berterimakasih atas Apresiasi dewan Komisi D DPRD yang telah menginsiasi jalannya penanganan bencana alam di Luwu, jalur utama jalan nasional menuju daerah lain,” ucap Bupati lutra dan berharap cuaca curah hujan di daerah kembali normal, senada dengan yang mewakili kota Palopo bahwa sangat berharap bantuan, dukungan serta pengawsan sampai selesai perbaikan infrastruktur yang rusak di Palopo.

Diketahui kerusakan infrastruktur jembatan dan jalan yang rusak parah terjadi pada tanggal 3 Oktober lalu dan pada tanggal, 30 Oktober bulan lalu.

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *