Dialog tertutup FPHS akan geruduk Kantor Bupati Mimika Senin besok

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika Forum Pemilik Hak Sulung (FPHS) tiga Kampung di wilayah pegunungan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yakni Tsinga, Aroanop dan Waa-Banti akan melakukan aksi unjuk rasa berpusat di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika pada Senin (15/11/21) besok. Aksi itu dinyatakan sebagai demonstrasi terbesar selama mereka menuntut 4 persen saham Freeport.

Selain itu guna mempertanyakan fungsi dari keberadaan PT Mimika Abadi Sejahtera oleh Pemkab Mimika.

Hal ini dikatakan oleh Ketua FPHS, Yafet Manga Beanal didampingi para perwakilan tiga Kampung saat jumpa pers di Honai FPHS, Jalan Baru Distrik Mimika Baru, Mimika, Papua Jumat, (12/11/21) sore.

“Saya tidak tahu, apakah (PT Mimika Abadi Sejahtera) untuk (mengolah) saham 7persen atau pisah dari 4persen. Harus dijelaskan. Selaku ketua FPHS saya tegaskan bahwa jangan bermain-main dengan api,” tegas Yafet.

Dirinya juga menyoroti seleksi terbuka untuk jabatan Direksi PT Mimika Abadi Sejahtera (Perseroda) yang digelar saat ini oleh Pemkab Mimika.

“Sekarang rekrut Direksi dan Karyawan, memangnya kita ini boneka. Stop permainan ini,” tandasnya

Ditempat yang sama, Yohanis Songgonau mengatakan, aksi parlemen jalanan yang digadang-gadang terbesar itu terpaksa dilakukan karena ruang dialog sudah tertutup. Selain itu karena audiens yang mereka layangkan tercatat tiga kali baik kepada Pemerintah Daerah maupun DPRD Mimika tak digubris.

“Demo besok terbesar karena ruang dialog tertutup. Bupati dan DPRD kita sudah berikan surat audiens tiga kali tapi tidak ada komunikasi. Kita kesana untuk minta catatan (kesepakatan 4persen saham) itu. Kita mau tutup kantor bupati, 4 persen itu harus dikasih. Kalau tidak, dari pusat dan provinsi harus turun tangan untuk selesaikan baru kita berhenti aksi,” terangnya.

Soal perekrutan Direksi PT Mimika Abadi Sejahtera (Perseroda) yang tengah berlangsung menurutnya sah-sah saja, namun Pemerintahan Daerah lebih dulu menegaskan secara tertulis terkait porsi empat persen saham Freeport adalah untuk pemilik hak ulayat yang menjadi korban permanen atau terkena dampak langsung di area Tembagapura PT. Freeport Indonesia.

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika sedang melakukan seleksi terbuka untuk jabatan Direksi pada PT Mimika Abadi Sejahtera (Perseroda) dimulai pada tanggal 8 hingga 15 November 2021. Seleksi dengan menggunakan berbagai kriteria dan melalui beberapa tahap.

Jabatan Direksi PT Mimika Abadi Sejahtera meliputi, Direktur Utama, Direktur Produksi dan Pemasaran, Direktur Umum dan Keuangan serta Direktur Pengawasan dan Kepatutan.

 

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *