Diskominfo Pakpak Bharat Gelar Bimtek Pengelolaan Konten dan Perencanaan Media Komunikasi Publik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Dalam rangka mengaplikasian keterbukaan Informasi publik sesuai dengan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika menyelenggarakan bimbingan teknis terkait pengelolaan konten dan perencanaan media komunikasi publik di Balai Sada Arih, Kompleks Perkantoran Indah Sindeka Salak, Kabupaten Pakpak Bharat pada, Rabu (17/10).

Bimbingan teknis yang dilaksanakan secara tatap muka dengan metoda penyampaian materi, diskusi dan simulasi tersebut, diikuti oleh seluruh pengelola web pada masing-masing organisasi perangkat Daerah (OPD) yang ada diwilayah Pemkab Pakpak Bharat dengan menghadirkan narasumber dari pemimpin salah satu media terbitan Jakarta, Fetra Christiano Tumanggor.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dalam arahannnya yang dibacakan oleh Kadis Kominfo Pakpak Bharat, Aryanto Tinambunan menyatakan bahwa pengelolaan situs web pemerintah daerah merupakan salah satu media informasi pemerintah kepada masyarakatmsehingga masyarakat bisa semakin mudah memperoleh informasi atas segala kebijakan, program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

” Saya menyambut baik kegiatan bimtek ini dan berharap seluruh OPD dapat meningkatkan kompetensi dengan menyajikan informasi yang informatif, tepat dan efektif serta dapat melakukan evaluasi dalam pengelolaan website” harapnya.

Dalam kesempatan ini, narasumber Fetra Christiano Tumanggor menyampaikan bahwa masyarakat pengguna sosial seyogianya selalu melakukan verivikasi, cek and re-cek terhadap informasi apapun yang diperoleh melalui media sosial sebelum mem-forwardnya kembali.

Kepada para peserta, Fetra Christiano Tumanggor, menjelaskan sejumlah materi pengelolaan konten dan perencanaan media komunikasi publik diantaranya bijak dalam bermedia sosial, menulis berita, menshare berita,cara membuat konten agar diminati pembaca serta melakukan diskusi dan simulasi serta harus memahami dan mempertimbangkan beberapa aspek dalam pengelolaan konten dan perencanaan media komunikasi publik seperti memahami search Enggine Optimazion (SEO), tulisan menarik, update konten secara konsisten, etika,share dan hal lainnya.

“Adapun sasaran kegiatan ini adalah agar para pengelola website nantinya bisa membuat informasi websitenya lebih baik dari cara menulis, menyajikan dan cara menshare ke masyarakat sehingga tujuan utamanya adalah semakin banyak membaca berita-berita dari Pemkab Pakpak Bharat” katanya.

Sementara itu, Kabid Informasi Komunilasi Publik (IKP), Syawalluddin Solin, S, Sos, MM, mengatakan adapaun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kenijakan, penyusunan, norma standart,prosedur dalam penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik.

Terkelolanya saluran komunikasi publik milik Pemkab secara proaktif dan strategis melalui media sehingga terbangun infrastruktur sistem informasi pemerintah yang handal dan dimanfaatkan guna mendukung kegiatan kegiatan Pemkab Pakpak Bharat.

Pewarta : Malau/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *