25 Mahasiswa UT asal Brebes raih beasiswa hingga lulus

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes Jateng – 25 Mahasiswa asal Brebes yang kuliah di Universitas Terbuka (UT) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Purwokerto mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP.K). Mereka mendapatkan beasiswa selama 4 tahun dan biaya operasional dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Kalau mereka bisa mempertahankan prestasi dan ketentuan yang dipersyaratkan maka mahasiswa tersebut dibiayai negara sampai lulus, namun bila tidak memenuhi syarat tertentu bisa jadi hanya satu atau dua semester saja,” kata Direktur Universitas Terbuka Purwokerto, Dr Adi Suryanto MPd saat membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) di SMA Negeri 1 Kersana, Brebes. Rabu, (17/11)

Kata Adi, pelatihan ini untuk mewujudkan kemandirian dan daya juang Mahasiswa UT UPBJJ Purwokerto dalam menempuh studinya. Juga untuk mempercepat mahasiswa baru beradaptasi dengan Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ). Adi menghendaki setiap mahasiswa mampu mempelajari materi perkuliahan secara mandiri tanpa tergantung kepada Dosen.

Sebenarnya, kata Adi, pelatihan serupa sudah dilakukan secara daring kepada para mahasiswa, tetapi dipandang tidak cukup karena bentuknya ketrampilan, maka harus dilaksanakan secara luring. Dengan ketrampilan belajar jarak jauh, diharapakan mahasiswa bisa lulus dengan hasil yang memuaskan, karena mahasiswa KIP.K ini secara khusus di evaluasi terus, setiap semester.

Adi memotivasi kepada para mahasiswa, kalau mahasiswa penerima KIP.K bukan mahasiswa sembarangan, sudah terpilih. Namun, tidak serta merta dapat KIP.K lagi untuk semester kedua kalau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menurun, beasiswa tersebut dihentikan atau dialihkan ke mahasiswa lain.

Sebagai seorang mahasiswa, harus berprinsip kuliahnya sambil kerja, jangan kerja sambil kuliah. Dengan kuliah sambil kerja maka setelah lulus levelnya berubah, contohnya bila kerja di pabrik semula sebagai operator setelah lulus bisa naik ke level analis. Tapi kalau kerja sambil kuliah, maka kuliahnya bisa gagal dan levelnya akan tetap ajeg seperti sekarang.

“Dari fasilitas KIP.K, biaya kuliah gratis tis, maka harus konsentrasi belajar agar bisa lulus dalam waktu 4 tahun,” kata Adi.

Kejarlah kesempatan ini, lanjutnya, dan untuk Semester 5 juga ada kesempatan mengambil kuliah diluar UT. Mahasiswa UT bisa menikmati kuliah yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Sebab UT sebagai Kampus Merdeka Belajar, mahasiswanya pada semester 5 bisa belajar di UI, UGM, ITS bahkan di kampus di luar negeri. Makanya Adi mengajak para mahasiswa UT untuk menguasai Bahasa Inggris dan penguasaan IT.

Pelatihan yang digelar selama 2 hari itu, selain diberi teori juga praktek yang dibimbing para dosen UT-UPBJJ Purwokerto.

 

Pewarta : Mail/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *