Bentuk kepedulian Polri di tengah anjloknya harga Bawang Merah, Satlantas Polres Brebes bagikan nasi kotak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes Jateng  Anjloknya harga bawang merah saat ini dikarenakan panen serentak di sejumlah wilayah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang merupakan daerah penghasil bawang terbesar, saat ini harga bawang merah dari petani sekitar 10.000/kg.

Di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes walaupun harga bawang merah anjlok drastis tetapi aktifitas panen bawang merah masih tetap berjalan.

Satuan Lalulintas Polres Brebes melaksanakan Kegiatan Operasi Zebra Zandi 2021 pada Kamis (18/11) malam di wilayah hukum Polres Brebes tepatnya di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, Operasi dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Brebes AKP. Endah Setianingsih, SH.,MM.

Pelaksanaan operasi patuh kali ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda, di mana petugas di lapangan tidak hanya memberikan edukasi protokol kesehatan dan disiplin berlalu lintas, tetapi juga melaksanakan kegiatan simpatik dengan berbagi nasi kotak gratis kepada warga terdampak Covid-19.

Kasat Lantas Polres Brebes AKP. Endah Setianingsih, SH.,MM, mengatakan, pemberian bantuan Nasi kotak gratis ini sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap warga terdampak Covid-19.

“Dalam rangka Operasi Zebra Candi 2021, kami juga melaksanakan kegiatan simpatik dengan berbagi kepada tukang becak, tukang ojek, pengemudi bus, dan para petani bawang yang sekarang sedang panen raya sehingga harga bawang merah menjadi anjlok,” ungkapnya.

Petani kecil yang selama ini paling rentan atas fluktuasi harga bawang merah perlu mendapatkan uluran tangan berbagai pihak, salah satunya dengan kegiatan simpatik yang dilakukan Satlantas Polres Brebes ini.

“Kita hanya memberikan support kepada para petani bawang merah,” katanya.

Ia menyebut, kegiatan simpatik kali ini diharapkan dapat memberikan semangat agar para petani tetap produktif meski dalam kondisi pandemi dan harga bawang merah lagi turun drastis seperti sekarang ini.

“Walaupun tidak bisa menyelesaikan masalah, tetapi minimal kita sudah memberikan support kepada mereka sehingga lebih semangat dalam mengais rejeki ditengah pandemi seperti ini,” harapnya.

Kasatlantas berharap, dalam melakukan aktivitas di perjalanan, para petani bawang merah di brebes bisa tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan. Selain itu, Ia berpesan kepada para petani agar dalam aktivitasnya tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Kami juga menghimbau kepada para pengemudi dan para petani yang mengangkut hasil panennya dengan kendaraan agar mengutamakan keselamatan dengan tidak mengangkut bawang merah itu melebihi kapasitasnya,” ucapnya.

Sementara itu, Munawaroh (48) yang mengaku senang saat bawang merahnya dibeli langsung oleh Kasatlantas Polres Brebes, menambahkan, upaya membeli ditingkat petani seperti yang dilakukan Kasatlantas tersebut, diharapkan bisa mendongkrak harga bawang merah.

“Terimakasih, tadi polisi sudah membantu kami dengan memberi makanan gratis dan mau membeli bawang juga. Beli bawang merah ditingkat petani itu murah, karena saat ini bawang merah Rp10.000/Kg. Bawang merah ini akan dijual ke luar Jawa, seperti ke Daerah Medan,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Maeel/Gust

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *