Gubernur Sultra Ali Mazi Terima Penghargaan People Of The Year 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Buton utara – Genap berusia 60 Tahun tepat di hari Rabu 25 November 2021 juga bertepatan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Tanah Air. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi terpilih dalam kategori Best Governor for Empowerment and Education bersama 10 Kepala Daerah lainnya di Indonesia.

Menerima penghargaan People Of the Year (POTY) 2021, Ali Mazi mengaku hal itu merupakan kejutan yang membanggakan melalui hasil keputusan tujuh dewan juri, yang berasal dari unsur akademisi dan media terkemuka di tanah air, “Serta wawancara langsung dengan Gubernur Sultra H. Ali Mazi yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio,” ucapnya (25/11/2021)

Para dewan juri tersebut yakni Ketua Dewan Juri yang juga Presiden Direktur Metro TV, Don Bosco Selamun, Pemimpin Redaksi Metro TV, Arief Suditomo, CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata, Guru Besar FISIP UI, Prof Dr Eko Prasojo, Rektor IPB Bogor, Prof Dr Arif Satria, Epidemiolog UGM Yogyakarta, Prof Dr dr Hari Kusnanto, dan Ketua Umum APINDO, Hariyadi Sukamdani.

Dalam wawancara secara langsung tersebut, para dewan juri yang diketuai oleh Presiden Direktur Metro TV, Don Bosco Selamun, mengungkapkan kekaguman serta memuji Program Garbarata melalui lima pilarnya, dimana salah satunya terdapat pilar Sultra Cerdas yang diimplementasikan melalui program pemberdayaan serta pendidikan, utamanya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Meskipun masih suasana berduka ditinggal dua orang terkasih dan berpengaruh dalam hidupnya, yakni mendiang sang ibu dan istri tercinta, Gubernur Sultra, Ali Mazi terus tegar dan kokoh melaksanakan tugas serta tanggung jawab yang telah diamatkan rakyat kepadanya, tentu bersama pasangannya setia Lukman Abunawas.

Bagi orang nomor satu di Provinsi Sultra ini, Hari Ulang Tahunnya yang bertepatan dengan Hari Guru Nasional dan peraihan penghargaan People of the Year (POTY) 2021 kategori Best Governor for Empowerment and Education bukan suatu kebetulan semata,

Gubernur Sultra Masuk Nominasi Gubernur Terbaik Kategori Best Governor for Empowerment and Education. Melainkan suatu semangat baru dan pengingat, agar bagaimana cita-cita dalam memajukan pendidikan menuju peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sultra tidak boleh kendor selangkah pun, meskipun banyak cobaan dihadapi, diantaranya pada pandemi Covid-19.

Sebelumnya Gubernur Sultra, Ali Mazi telah menjelaskan, bahwa Pemprov Sultra memiliki program prioritas pembangunan Sultra Tahun 2018-2023, yakni terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat melalui GARBARATA atau Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan.

“Implementasi GARBARATA ditopang lima pilar, yakni pilar Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Berbudaya dan Beriman, serta pilar kelima yaitu Sultra Produktif.

Hal ini bukan hanya slogan semata, melainkan secara bertahap dan konsisten dilaksanakan, baik secara teknis di tingkatan Provinsi Sultra hingga ke pusat melalui optimalisasi kehadiran negara dalam desain hukum berupa UU Tentang Daerah Kepulauan,” ucap Ali Mazi.

Terkait isi wawancara people of the year 2021, membuat dewan juri menajamkan pilihan kepada Ali Mazi sebagai nominator Gubernur terbaik kategori Best Governor for Empowerment and Education,

Maka penjelasan Gubernur Sultra terkait inovasi bidang pendidikan yang dihasilkan selama setahun terakhir di Sultra, saat pandemi Covid-19 tahun 2020, berupa implementasi program Sultra Cerdas berbentuk kegiatan fisik yaitu membangun infrastruktur pendidikan berupa sekolah baru SMA dan SMK Maritim, penambahan ruang kegiatan belajar, laboratorium beserta sarana dan prasarana pendukung, gedung perpustakaan modern Sultra bertaraf internasional setinggi 7 lantai dengan konsep edukasi dan rekreasi.

Penilaian lainnyanya adalah kemampuan Ali Mazi menyiapkan sarana pendukung pendirian Institut Teknologi Kelautan Buton (ITK-Buton), dukungan penuh atas rencana pendirian Politeknik Industri di Morosi Kabupaten Konawe, dan hibah lahan kepada BLK Kendari seluas 4,584 hektare, untuk pendirian Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional Sultra.

Pewarta : David wiridin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *