PNS Polda Sulut Ikuti Peringatan HUT ke-50 Korpri Secara Virtual

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sulut – Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Polda Sulawesi Utara (Sulut) beserta perwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) masing-masing Satuan Kerja (Satker), mengikuti Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korpri secara virtual melalui video conference, Senin (29/11/2021) pagi, di Ruang Tribrata Mapolda Sulut.

Puncak peringatan lima dasa warsa Korpri yang bertemakan, “ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh” ini, dipusatkan di Aula Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jakarta.

Peringatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Menteri PUPR RI, para Pimpinan, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama, Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Sekjen serta para Pengurus Korpri baik tingkat nasional maupun provinsi dan kabupaten/kota.

Rangkaian acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Korpri, pembacaan Panca Prasetya Korpri, dan laporan oleh Ketua Panitia HUT ke-50 Korpri.

Dilanjutkan doa bersama lintas agama, secara berturut-turut mulai dari Agama Konghucu, Budha, Hindu, Kristen Katolik, Kristen Protestan, dan Islam, yang dipimpin Rohaniawan masing-masing agama.

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korpri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, S.H., M.H., dalam sambutannya, mengucapkan selamat HUT ke-50 Korpri.

“Selamat ulang tahun yang ke-50 untuk seluruh anggota Korpri di manapun berada, di seluruh Indonesia, dan di 130 perwakilan RI di luar negeri. Terima kasih kepada seluruh ASN yang berjumlah 4,1 juta ASN, yang terus menjaga profesionalitas dan netralitas. Itu adalah kunci keberhasilan kita menjaga NKRI,” ujar Prof. Zudan.

Di momentum HUT emas Korpri ini, Prof. Zudan juga mengajak seluruh ASN untuk terus menjaga soliditas, menjaga persatuan, menjaga NKRI dan jauh lebih penting daripada itu semua, ASN harus bertransformasi.

“ASN sudah saatnya bergerak menuju digital government, secara bertahap sesuai dengan kemampuan masing-masing. Mari kita mulai bertatakelola, tinggalkan yang lama karena perkembangan bergerak begitu cepat. Transformasi ke digital bukan lagi pilihan, tetapi kebutuhan yang harus sudah kita lakukan. Sehingga kita tidak tertinggal dari negara lain, sepanjang kita mau bertransformasi menuju digital,” pungkas Prof. Zudan.

Sementara itu Presiden RI Ir. H. Joko Widodo selaku Penasehat Nasional Korpri, dalam sambutan secara virtual, mengucapkan selamat HUT ke-50 Korpri untuk seluruh anggota Korpri baik yang bertugas di dalam maupun luar negeri.

“Saya mengapresiasi darma bakti, pengabdian, dan kerja keras Korpri dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan. Anggota Korpri yang tersebar di seluruh penjuru tanah air telah menjadi simpul persatuan, menjadi simpul kesatuan bangsa, serta mewujudkan kehadiran negara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di seluruh pelosok negeri,” kata Presiden.

Lanjut Presiden, pengabdian yang diberikan setiap anggota Korpri kepada bangsa dan negara, tidaklah boleh berhenti. Ekspektasi masyarakat semakin tinggi, tantangan perubahan juga semakin kompleks. Berbagai tantangan baru, bisa muncul tanpa terduga, baik itu karena perkembangan teknologi maupun karena musibah dan pandemi.

“Menghadapi semua tantangan ini, Korpri harus terus bertransformasi, memperkokoh sikap melayani menjadi abdi masyarakat menjadi abdi negara. Terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang lebih efisien, terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ajak Presiden.

Pada kesempatan ini, Presiden pun menyampaikan beberapa hal yang dapat dipedomani seluruh anggota Korpri.

Pertama, setiap anggota Korpri dalam berbagai jabatan harus memiliki nilai dasar yang sama yaitu, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Orientasi pelayanan yang Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK),” jelas Presiden.

Kedua, lakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan. Ubah mindset, cara pikir, dan cara bekerja. Hindari ketidakefisienan, kerumitan. Banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh satu sektor saja.

“Untuk itu setiap dinas, kementerian maupun lembaga agar berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi, terapkan e-Government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan,” tutur Presiden.

Ketiga, lanjut Presiden, bangun dan perkokoh integritas aparatur, ciptakan birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel.

“Jangan mempersulit, mengambil pungutan liar, dan memberatkan masyarakat. Bangun pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,” tegas Presiden.

Keempat, perkuat peran anggota Korpri sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, penjaga NKRI, Pancasila, konstitusi, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Jalin kerjasama yang kokoh dengan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia maju, yang kita cita-citakan. Dirgahayu Korps Pegawai Republik Indonesia,” pungkas Presiden.

Pada acara puncak peringatan HUT ke-50 Korpri ini juga dilakukan penyerahan penghargaan Korpri Awards 2021 yang terbagi dalam berbagai kategori.

Ditemui sesaat usai acara, Ketua Dewan Pengurus Korpri Polda Sulut, Pembina Hendrik Betah, berharap, momentum HUT ke-50 Korpri ini menjadi pemacu semangat bagi seluruh PNS khususnya di Polda Sulut dan jajaran untuk lebih kompak serta maksimal dalam menjalankan tugas.

“Dan tentunya kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menindaklanjuti arahan Bapak Presiden RI dan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korpri, sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Ini semua demi kemajuan institusi Polri tempat kami bertugas, juga kemajuan organisasi Korpri, dan yang utama demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” pungkas Hendrik Betah.

Peringatan HUT ke-50 Korpri ini juga diikuti seluruh PNS Polda Sulut dan jajaran, di ruang kerja maupun ruang video conference Mapolresta dan Mapolres masing-masing. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.