Sekilas sejarah dan kiprah Anton Charliyan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tasikmalaya Jabar – Irjen. Pol. (Purn) Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N, pria kelahiran 29 November 1960, seorang Purnawirawan perwira tinggi Polri lulusan Akpol 84 yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Sespimti Lemdiklat Polri saat ini aktif sebagai Penggiat Budaya, Sejarah, lingkungan Hidup, Media, anti intoleransi dan Anti Korupsi.

Setelah Lulus dari sekolah Polisi Anton Charliyan mengawali tugas dikepolisian sebagai penyidik di lingkungan reserse Polri. Pada Tahun 2000, Anton ikut mengusut kasus pembunuhan Marsinah, buruh yang tewas di Surabaya, Jawa Timur.

Selang beberapa Bulan setelah itu, ia diberi tugas teritorial sebagai Kapolres Wajo di Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2002, karena pengalamannya di bagian reserse, Anton ditarik ke Polda Metro Jaya dan ditugaskan membongkar kasus pembunuhan aktivis Munir.

Selanjutnya diberi amanah sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Kariernya di reserse berlanjut hingga Mabes Polri. Kali ini, Irjen Pol(Purn) Anton Chwrliyan diberi tugas sebagai Kanit III Direktorat I Keamanan dan Kejahatan Trasnasional Bareskrim Polri pada tahun 2003 dengan pangkat komisaris besar.

Setelah lama dalam dunia penyidikan, pada tahun 2008, ia ditunjuk sebagai Kapolwil Priangan Polda Jawa Barat. Setahun berselang, pada tahun 2009, Anton ditugaskan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah.

Dari Kalimantan Tengah, pada 2012, Anton ditarik ke lembaga pendidikan Polri sebagai Kepala Biro Pendidikan Pembinaan dan Pelatihan Lembaga Pendidikan Polri (Karodibinklat Lemdiklat Polri). Namanya mencuat ke pentas nasional, saat menjadi Kepala Divisi Humas Polri pada tahun 2015, tak lama jadi juru bicara Polri, ia kembali dikirim ke daerah sebagai Kapolda Sulsel.

Sembilan Bulan bertugas di Sulsel, ia kembali mendapatkan kepercayaan yang lebih besar lagi sebagai Kapolda Jawa Barat pada 12 Desember 2016. Irjen Anton Charliyan menggantikan Irjen. Bambang Waskito.

Kini usai mengabdikan dirinya di Kepolisian, Anton Charliyan yang biasa disapa dengan panggilan akrab Abah Anton aktif sebagai Penggiat Budaya, Sejarah, lingkungan Hidup, Media, anti intoleransi dan Anti Korupsi

Prestasi yang telah dicapai Anton Charllian selama ini, selain di kepolisian, di bidang Budaya, Anton Charliya juga telah menorehkan berbagai prestasi yang cukup membanggakan, yang cukup luar biasa, prestasi yang telah ditorehkannya antara lain :
1. Pembangunan Tugu Kujang Pusaka di Kampung Naga Tasikmalaya Tahun 2008 .
2. Pembangunan Monument Gong Perdamaian Dunia di Karang Kamulyan Ciamis. Tahun 2009
3. Membuat pintu Besi dan sistem Security Pusaka-pusaka di Keraton Sumedang Larang Tahun 2010.
4. Memugar dan Merelokasi Penggalian Complek makam Kuno Walahir desa Sukamulih Singaparna Tasik
4. Membuka dan Merelokasi petilasan Gua dan Makam Eyang Rangga Gading di Sukabumi. Tahun 2016.
5. Membuat Sistem Security Pengamanan Pusaka-pusaka di Musium Kerajaan Goa Sulsel.
6. Membuat papan peringatan agar tidak merusak Situs dan Cagar budaya di seluruh lokasi-lokasi Situs dan Cagar budaya Jabar.
7. Membuat tim expedisi dan Kajian bersama tim Unpad, UPI, ITB, tentang, Batu Nangtung Seula Reuma, sebagai cikal Bakal kota Sumedang.
8. Membuat Musium Galunggung berisi artefak-artefak tentang Budaya dan Sejarah di Batu Mahpar Galunggung Singaparna Galunggung
9. Membuat Musium Malik Al Hindi berisi koleksi kitab-kitab Al Quran Kuno di Batu Mahpar Galunggung
10. Membuat Musium Awi Maharani berisi Bambu Antik dan Bambu Pethuk di Batu mahpar Ds. Linggawangi Singaparna.
11. Membuat Arboretum Mini di Batu Mahpar Galunggung, Tahun 2020
12. Mengadakan Expedisi Galunggung, menemukan dan Merelokasi Situs Batu Melingkar Cirkle Stone di desa Jahyang Salawu Tasik, Tahun 2021
13. Mendirikan Musium dan Majlis Dzikir Pasulukan Loka Gandasasmita di Cibatu Garut, Tahun 2008.
14. Ikut membidani Kelahiran Majlis Dzikir Hubul Waton minal iman bersama KH Maaruf Amin Tahun 2017.
15. Membangun Masjid Agung Secapa Polri ukuran 33 X 33 M, di Jl. Bhayangkara Secapa Sukabumi.
16. Mengadakan Training Center para tokoh masyarakat dengan Tema Sawala Kebangsaan di Pusdik Polri Ciwidey dan bumi perkemahan Jatinangor untuk menciptakan Kader-kader yang berwawasan Nasionalis, Agamis dan Anti Intoleran Tahun 2017.
17. Membuat dan Menggelar Honorary Police untuk memberi Apresiasi dan Penghargaan kepada Tokoh-tokoh nasyarakat yang sudah berjasa dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif.
18. Membidani kelahiran Dalmas Dzikir Asma ul Husna di jajaran Polri Tahun 2008.
19. Mempelopori, Mengusulkan dan mendorong dikeluarkanya aturan Polwan Berhijab, Tahun 2014.

Selain itu, Anton Charlliyan juga telah membuat beberapa tulisan dalam bentuk Buku yang sudah dipublikasikan, diantaranya :
a. Master Leadership
b. Menguak Misteri Kampung Naga.
C. Budaya Sunda Selaras Dg Budaya Samawi.
d. Setetes Embun
e. Kepemimpinan Berdasarkan Kearifan lokal

 

DR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *