Disparbud Toba selenggarakan kegiatan pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toba – Pemerintah kabupaten Toba melalui dinas pariwisata dan kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan pelatihan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata selama 3 hari yang dimulai tanggal 01 Desember hingga tanggal 03 Desember 2021, bertempat di hotel sere nauli laguboti, Rabu (01/12/21).

Kepala dinas pariwisata kabupaten Toba Jhon Piter Silalahi selaku ketua pelaksana kegiatan dalam dalam laporannya menyampaikan tujuan dan sasaran kegiatan tersebut menyebutkan, bahwa tujuan dan sasaran pelatihan dilakukan guna meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan pengelola daya tarik wisata, desa wisata dan destinasi pariwisata lainnya dalam melakukan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi parawisata.

Jhon Piter juga menyebutkan, sasaran yang diharapkan bagi peserta yg mengikuti kegiatan tersebut, para peserta dapat mengetahui dan memahami pentingnya tata kelola, pengelolaan bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata.

” Kami berharap para peserta dapat mengetahui dan memahami komponen komponen dan faktor – faktor penting dalam pengembangan dan penyelenggaran, peserta juga diharapkan dapat melakukan evaluasi terhadap upaya tata kelola, pengelolaan bisnis dan pemasaran yg dilakukannya,” sebut kadis pariwisata.

Sekretaris daerah kabupaten Toba Audi Murphy O Sitorus dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyebutkan, Bahwa pelaksanaan kegiatan kegiatan yg dilakukan yang seperti ini sudah bertahun tahun dilakukan pemerintah tanpa membeda bedakan pesertanya.

“Ini semua kita tempuh adalah dengan harapan kita agar kepariwisataan ditoba semakin meningkat, semakin dikenal orang dan semakin banyak orang datang dan semakin lama orang tinggal untuk menikmati pariwisata di Toba ini,” Sebut Murphy Sitorus.

Dijelaskanya, kepariwisataan ditoba ini semakin meningkat, semakin meningkat itu maksudnya adalah semakin dikenal orang, semakin banya orang yang datang, kemudian berikutnya long stay, semakin lama dia tinggal, semakin lama dia (pengunjung) ada disini, artinya kalau dulunya dia datang hanya menginap satu malam ditoba ini, ditahun berikutnya pengunjung tersebut ditahun berikutnya dia sudah tertarik 2 atau 3 malam. berarti ada yang mau dinikmati, mungkin sudah ada penampilan penampilan yang kita buat atau mungkin juga sudah banyak destinasi yang dikunjungi.

” Harapan kita semua adalah bagaimana supaya kita orang yang ada disini bisa menciptakan itu,” sebut Murphy

Diakhir sambutanya, Sekda Audi Murphy mengajak agar seluruh peserta dapat mengikutinya dengan baik.” Gunakanlah kesempatan ini, mudah mudahan kegiatan ini sudah menjadi keinginan kita atau mendarah daging menjadi kehidupan kita dibidang pariwisata,” ujar Murphy mengakhiri

Dalam kegiatan tersebut, peserta pelatihan terdiri dari berbagai kelompok sadar wisata (Pokdarwis), HPI kabupaten Toba, kalangan media, pengelola daya tarik wisata dan dari pemerintah desa serta pemerintah desa yg belum memiliki kelompok sadar wisata dengan narasumber yang berasal dari kalangan akademisi pariwisata poltekpar Medan, praktisi dan dari pemerintah kabupaten Toba.

Pewarta : Abdi S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.