Green House Kodim 0716/Demak Berikan Edukasi Tanaman Hidroponik Kepada Anak-Anak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Puluhan siswa-siswi dari Kelompok bermain Mawar 1 Desa Pilangrejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak terlihat sangat gembira saat melaksanakan kunjungan ke Green House Kodim 0716/Demak. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan teknologi pertanian berupa hidroponik kepada para siswa. Kegiatan tersebut dipandu secara langsung oleh pengelola Green House Kodim Demak, Serma Sunardi di dampingi Babinsa Pilangrejo Serma Suhadi. Kamis (02/12/2021).

Kepala Sekolah KB Mawar 1 Desa Pilangrejo Ibu Nur Anisa mengungkapkan apresiasinya kepada Kodim 0716/Demak melalui Green House yang telah memberikan pembelajaran kepada anak-anak khususnya siswa-siswi KB Mawar 1 Desa Pilangrejo tentang teknologi tepat guna dalam bidang pertanian. “Anak-anak terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut,” kata Nur Anisa.

Dengan gaya bahasanya yang mudah dimengerti oleh anak-anak di selingi gurauan sehingga membuat anak-anak ketawa, Serma Sunardi menjelaskan kepada anak-anak tentang apa itu tanaman hydroponix. Kegiatan ini berupa pembelajaran (edukasi hijau) yang diharapkan mampu menginspirasi anak-anak sejak dini tentang pentingnya berkebun dan menjaga tanaman. Sehingga budaya hijau telah disampaikan sejak dini.

Menurut dia, secara umum kegiatan dibagi ke dalam dua tahap yaitu kegiatan pengenalan dan cara pembuatan tanaman hidroponik dan melihat secara langsung tanaman hidroponik mulai dari cara penananman sampai masa panen. Anak-anak juga diajarkan untuk praktek membuat hidroponik sederhana berbahan dasar botol bekas air mineral.

Serma Sunardi mengatakan tipe hidroponik yang dikenalkan dan dibuat pada kegiatan tersebut adalah hidroponik statis model sumbu. Menurut dia, hidroponik tersebut sangat mudah dibuat, hanya dengan menggunakan bahan berupa botol bekas air mineral yang difungsikan sebagai pot dan diisi dengan media tanam berupa arang sekam ataupun cocopeat. “Kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak bahwa barang bekas pun bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menanam tanaman,” ungkapnya.

Pemberian nutrisi untuk tanaman dialirkan melalui sumbu menggunakan kain bekas ataupun serabut tali yang mampu menyerap air dan mengalirkannya ke media tanam.” ungkap Serma Sunardi.

Pewarta : Safik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *