Ormas PP Demak Ikut Serangkaian kegiatan Tilkahow terkait Hiv Aids

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Hari 𝘼𝙄𝘿𝙎 Se-dunia (HAS) pertama kali diperingati 1-12-1988 yang setiap tahunnya peringati untuk meningkatkan kesadaran tentang infeksi 𝙃𝙄𝙑 (𝙃𝙪𝙢𝙖𝙣 𝙄𝙢𝙢𝙪𝙣𝙤𝙙𝙚𝙛𝙞𝙘𝙞𝙚𝙣𝙘𝙮 𝙑𝙞𝙧𝙪𝙨) sebagai penyakit yang menyerang tubuh manusia dalam waktu lama.

Peringatan (HAS) tahun 2021 di Indonesia dimaksud untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian 𝙃𝙄𝙑 𝘼𝙄𝘿𝙎 dan Infeksi Menular Seksual (𝙄𝙈𝙎) melalui penggerakan sumber daya yang melibatkan semua sektor terkait.

Dalam hal ini Komisi Penanggulangan 𝘼𝙄𝘿𝙎 kabupaten Demak bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak 𝙆𝙖𝙢𝙞𝙨 (2-12-2021) menyelenggarakan serangkaian kegiatan terkait dengan HIV AIDS diantaranya 𝙏𝙖𝙡𝙠𝙨𝙝𝙤𝙬 𝙃𝙄𝙑 𝘼𝙄𝘿𝙎 dengan tema 𝗔𝗸𝗵𝗶𝗿𝗶 𝗔𝗜𝗗𝗦, 𝗖𝗲𝗴𝗮𝗵 𝗛𝗜𝗩, 𝗔𝗸𝘀𝗲𝘀 𝗨𝗻𝘁𝘂𝗸 Semua.

Kegiatan yang dilaksanakan di pendopo Satya Bhakti jl. K. Singkil 07 Demak yang dibuka Eistianah Bupati Demak dihadiri para Wakil Ketua MPC dan Ketua PAC Ormas Pemuda Pancasila se kabupaten Demak, anggota kelompok kerja KPA, Karang Taruna, Gerakan Pemuda Ansor dan Konselor HIV AIDS se kabupaten Demak dalam sambutannya mengatakan 𝘀𝗲𝗺𝗼𝗴𝗮 𝗸𝗲𝗴𝗶𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗶𝗻𝗶 𝗺𝗲𝗺𝗯𝘂𝗮𝘁 𝗯𝗲𝗿𝗸𝗮𝗵 𝗯𝗮𝗴𝗶 𝗸𝗶𝘁𝗮 𝗱𝗮𝗻 𝗺𝗮𝗿𝗶 𝗸𝗶𝘁𝗮 𝗮𝗸𝗵𝗶𝗿𝗶 𝗔𝗜𝗗𝗦 𝗱𝗶 𝗸𝗮𝗯𝘂𝗽𝗮𝘁𝗲𝗻 𝗗𝗲𝗺𝗮𝗸 yang dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada keluarga pasangan terjangkit.

Dilanjutkan dalam paparan Sekda kabupaten dr. Singgih Setyono, M. Kes bahwa Demak termasuk peringkat 10 dalam provinsi Jawa Tengah, maka mari kita akhiri HIV AIDS dengan 𝗸𝗼𝗺𝗶𝘁𝗺𝗲𝗻 𝗯𝗲𝗿𝘀𝗮𝗺𝗮, 𝘀𝗰𝗿𝗲𝗲𝗻𝗶𝗻𝗴 𝗺𝗮𝘀𝗮𝗹, 𝗽𝗲𝗱𝘂𝗹𝗶 𝗹𝗶𝗻𝗱𝘂𝗻𝗴𝗶 dan 𝘀𝗼𝘀𝗶𝗮𝗹𝗶𝘀𝗮𝘀𝗶 𝗱𝗮𝗻 𝗲𝗱𝘂𝗸𝗮𝘀𝗶 (𝗸𝗲𝗺𝗯𝗮𝗹𝗶 𝗸𝗲 𝗮𝗴𝗮𝗺𝗮).

Adapun dalam kerangka acuan peringatan HAS tahun 2021 Komisi Penanggulangan AIDS kabupaten Demak dalam rilisan pendahuluan tertulis bahwa perkembangan kasus HIV & AIDS di Demak yang terdiri dari 366 orang laki laki dan 272 orang perempuan, 545 kasus HIV dan 93 kasus AIDS dan pada bulan Januari sampai Agustus 2021 terdapat 38 kasus yang terdiri dari 23 orang perempuan dan 26 orang laki laki, dimana kasus AIDS 3 dan HIV 46, sehingga secara akumulatif jumlah kasus HIV AIDS di kabupaten Demak dari tahun 2003 sampai dengan bulan Oktober 2021 ada 638 kasus. Dimana kasus HIV AIDS ini ditemukan rata rata pada usia produktif, ibu hamil dan ibu rumah tangga.” terangnya

Pewarta : Safik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *