Bertahun-tahun Bumdes Desa Kubang Kampil vakum

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang Banten – Bumdes adalah singkatan dari badan usaha milik desa, artinya, suatu lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukum dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan profesional dengan modal seluruhnya atau sebagian besar merupakan kekayaan desa yang dipisahkan.

Bumdes sendiri dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan di mana selanjutnya dapat memperkuat Pendapatan Asli Desa (PADes), memajukan perekonomian desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa seperti menurut Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa pasal 78 ayat (1).

Namun beda hal dengan Bumdes di desa Kubang Kampil, Kecamatan Sukaresmi Pandeglang Banten ini bertahun-tahun terlihat vakum seakan tidak ada pengelolaan yang terlihat.

Informasi yang dapat digali dari salah satu warga desa Kubang kampil yang selalu aktif dalam dilingkungannya ini Fauji membenarkan bahwa Bumdes di desanya bertahun-tahun vakum.

Ia setahu saya itu Bumdes lama tidak difungsikan bapak liat sendiri aja kantornya seperti itu, terang Fauji.

“Setahu saya, itu dari anggaran Dana Desa, kalau tidak salah 42 juta, dari dua kali pengucuran yaitu 25 juta dan 17 juta dan untuk pengelolaan BRIlink, dan penjualan pulsa, tapi sekarang dan dari tahun-tahun lalu tidak berjalan, saya bingung uangnya kemana?,” beber Fauji. Kamis, (2/12/21).

Bumdes kan bentuk suatu organisasi, tetapi untuk bumdes ini seakan tidak berjalan, dan harapan saya kades Kubang kampil bersama BPD untuk melakukan sikap ada apa sebenarnya dengan Bumdes Kubang kampil ini sampai terlihat bertahun-tahun tidak berjalan, tutur Fauji.

Mitrapol.com mencoba konfirmasi Ketua Bumdes Desa Kubang Kampil, yang biasa dipanggil Jeri melalui pesan whatshapnya sampai pemberitaan ini ditayangkan belum mendapatkan balasannya.

 

Pewarta : R. Siregar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *