Proyek Tanggul Penahan Ombak di Margorejo terlihat asal jadi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Tengah – Setiap pekerjaan yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), baik lelang maupun langsung, seyogyanya memiliki plang proyek (papan informasi) agar masyarakat bisa mengawasi pekerjaan yang sedang dilaksanakan.

Namun sangat disayangkan, berbanding terbalik dengan yang terjadi dalam pengerjaan Proyek Tanggul Penahan Ombak yang berada di Kampung Margorejo, Kecamatan Padangratu, Kabupaten Lampung Tengah, karena Proyek tersebut minim informasi dan terkesan sengaja di tutupi sehingga proyek bak sebuah proyek Siluman.

Selain tidak adanya papan informasi disekitar pekerjaan tersebut, pengerjaanya juga diduga asal jadi seperti yang terlihat pada gambar tidak dilakukan pengecoran disetiap besinya, selain itu batu terlihat hanya ditumpuk dan disiram adukan semen ala kadarnya sehingga kualitas bangunan tersebut diragukan.

Hal tersebut terlihat pada saat beberapa awak Media melakukan peninjauan ke lokasi pada Rabu, (01/12/2021), Di lokasi tidak ada pihak konsultan maupun pemborong, hanya ada pekerja yang bisa di wawancarai.

Terkait besi yang hanya di kubur di dalam tumpukan batu, pekerja berdalih akan melakukan penyusulan pengecoran, sementara hal tersebut mustahil karena posisi besi sudah terkubur didalam batu.

Kalau kita merujuk kepada aturan yang tertuang dalam Pepres No 70 Tahun 2012, Kepres No 80 Tahun 2003, dan UU Keterbukaan Informasi Publik yang mengatur tentang setiap penggunaan anggaran yang dikeluarkan pemerintah dari dana masyarakat yang diperoleh dari pungutan pajak yang dikelola pemerintah harus transparan.

Sampai berita ini ditayangkan awak media masih melakukan konfirmasi ke pihak terkait guna mendapatkan informasi yang lebih jelas terkait proyek tanggul penahanan ombak tersebut.

 

 

Pewarta: Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.