Mantan Kadiv Humas Polri Anton Charliyan Dukung Statmen Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto menyentil kapolres yang enggan mengangkat telepon wartawan yang sedang mencari informasi mengenai sesuatu yang viral. Seharusnya para kapolres meminta waktu untuk mengumpulkan data, bukan mengabaikan panggilan telepon wartawan.

“Pak Wakapolri juga tadi menyampaikan bahwa belum maksimal mengelola media. Saya sependapat dengan beliau. Apabila ada media ataupun katakan wartawan yang ingin menanyakan, kalau memang pimpinan kapolres belum siap datanya, bisa saja tunggu sebentar atau kasih waktu 10-30 menit sambil cari data,” ujar Agung dalam sambutannya saat Apel Kasatwil Polri tahun anggaran 2021 di Bali, Jumat (3/12/2021).

“Jangan terus malah teleponnya tidak dijawab. Kemudian pasti (wartawan) akan telepon ke kapolda. Nah, kapolda kalau belum diberi laporan, jawabnya susah, akhirnya kepada pimpinan Polri. Ini tolong menjadi atensi kita semua,” sambungnya.

Disamping itu mantan Kadiv Humas Polri. Anton Charliyan MPKN mengatakan, Saya sangat sangat mendukung Statmen Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dengan tegas mengatakan Kapolres Harus Angkat Tlp Wartawan dan siapkan data. Kenapa Pa Irwasum berkata demikian, Karena kita sadar tanpa adanya wartawan mana mungkin sebuah institusi baik TNI Polri dan Kasatwil bisa terkenal kalua tidak ada wartawan,

“Maka dari itu saya sangat setuju, Jadi baik para Kasatwil Kapolda Kapolres ataupun Polsek sekaligus harus sigap angkat tlp dari wartawan agar terjalin kerjasama yang baik dalam semua program yang sudah di canangkan,” ucap Anton Charliyan pada Minggu (5/12/2021)

Disamping itu juga Anton Charliyan mengatakan kenapa harus sigap angkat tlp wartawan, karena kalau tidak di antisipasi menjaga viralnya sebuah pemberitaan jika viralnya baik ya ga apa apa tapi kalua beritanya viral dan jelek tentang institusi polri kan bisa menodai atau menjatuhkan harga diri sebuah institusi, maka dari itu kita harus menjalin kerjasama yanga baik dengan wartawan.

Bahwa intinya para pemimpin Polri itu jangan alergi kepada wartawan karena sekarang abadnya Informasi bukan abad Industry lagi segala sesuatu itu sekarang ditentukan lebih banyak ditentukan oleh opini, mangkanya para kasatwil harus mampu meminit berita opini, kalua tidak di minit berita opini bakal akibat fatal mungkin ini yang di makasud Pak Irwasum agar para wartawan bis berkonfirmasi dengan pihak yang bersangkutan.

“Karena sekarang ada program dari pak Wakapolri yang di perintahkan langsung oleh pak Kapolri yaitu Visit Media yang harus di kunjungi adalah para Media karena apa, media is the fourth power karena media sudah menjadi kekuatan keempat dalam negara selain eksekutif yudikatif dan legislative,” tegasnya

Mungkin apa yang di maksud Pak Irwasum ini baik agar terjalin 4 pilar yang kokoh dan bermartabat mari kita pegang erat bergandeng tangan agar seleuruh institusi bisa bekerjasama dengan baik dengan para wartawan. Karena para wartawan adalah mitra kerja bersama dalam mengembangkan tugas pemberitaan.” Tegas Anton Charliyan

Pewarta : M Shukur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *