Sosok Japto Soerjosoemarno, Ketua Umum Pemuda Pancasila

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Menyusul aksi demo yang berujung kerkerasan, nama Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno menjadi sorotan. Dalam demo tersebut, AKBP Dermawan Karosekali menjadi korban luka-luka akibat senjata tajam di bagian kepalanya.

Menanggapi hal tersebut, Japto mengaku akan menyerahkan pelaku pengeroyokan ke aparat yang berwajib. Japto menjadi satu-satunya tokoh utama ormas PP dan sudah menjabat sebagai ketua umum selama 30 tahun. Dia ditetapkan sebagai ketua umum dalam Musyawarah Besar Pemuda Pancasila III yang digelar di Cibubur pada tahun 1981.

Kemudian, dalam Musyawarah Besar IX tahun 2014 di Malang, Japto masih terpilih sebagai Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila. Selain itu, Japto juga aktif di Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri ABRI (FKPPI).

Kemudian, dia juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Patriot. Pria berusia 72 tahun kelahiran Surakarta, 16 Desember 1949 itu besar di tengah keluarga ningrat.

Ia lahir dari pasangan Mayor Jenderal (Purn) Ir. KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Soetarjo Soerjosoemarno dan Dollu Zegeroius yang merupakan keturunan Belanda. Kakak kandung Japto yakni aktris Kanjeng Raden Ayu Soemarini Soerjosoemarno alias Marini.

Japto menikah dengan istrinya yang bernama Retno Suciati yang mempunyai tiga orang anak. Salah satu anak Japto, Raden Mas Sahid Abishalom Benninu Nugroho Noyosatwiko Soerjosoemarno menikah dengan aktris Yasmine Wildblood.

Di sisi lain, Japto dikenal sebagai sosok penyayang binatang dan sebagai pemburu andal. Japto tercatat mempunyai tropi dari Big Five Afrika dan juga koleksi binatang yang diawetkan.

 

 

Pewarta : Fendi/Tim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *