Akibat curah hujan yang tinggi, tanggul kali meluap kencang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Sejak beberapa hari terakhir, curah hujan di wilayah Kabupaten Demak terbilang cukup tinggi, hingga berdampak beberapa sungai mengalami kenaikan debet air, sehingga tidak sedikit pemukiman warga dan area persawahan tergenang air.

Seperti yang terjadi di Desa sukoharjo Kecamatan guntur Kabupaten Demak siang ini, tanggul kali nyaris jebol hingga membuat warga setempat panik dan ketakutan akibat derasnya hujan tadi malam, Selasa (07/12/2021).

Area persawahan dan jalan desa menuju Desa Ploso Kecamatan Wonosalam terendam banjir. Babinsa bersama Bhabinkamtibmas setempat melaksanakan pengecekan dan monitoring area.

“Air yang menggenangi area persawahan dan jalan penghubung menuju Desa Ploso wonosalam ini berasal dari luapan sungai/kali tuntang yang kemarin hingga saat ini debit air masih tinggi harus kita pantau terus, mengingat curah hujan yang mengguyur cukup tinggi,” ungkap Bulhadi warga setempat,

Dikatakannya, jika rendaman air dibiarkan secara terus menerus, bisa dipastikan para petani padi akan mengalami kerugian, mengingat tinggi air melebihi tinggi tanaman padi, sehingga jika berlarut akan mengakibatkan tanaman mengalami pembusukan, dan tentu akan gagal panen.

“Warga sekitar sempat panik akan meluapnya tanggul kali hingga akhirnya membendung tanggul dengan timbunan metreal tanah dengan karung, dan mamenyampaikan kepada jurnalis Mitrapol, bahwa dirinya selaku warga setempat akan terus waspada dan menanggulangi masalah banjir bersama pihak BPBD Kab Demak, Mari waspada karna musim penghujan belum selesai,” pesannya

Pewarta : Safik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.